PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TEKNIK PENSEKORAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen terhadap Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Bulango Utara, Provinsi Gorontalo)

LISNAWATY NAUE, . (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TEKNIK PENSEKORAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen terhadap Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Bulango Utara, Provinsi Gorontalo). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan hasil belajar matematika sangat ditentukan oleh intervensi model pembelajaran yang inovatif dan teknik penilaian yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran dan teknik pensekoran terhadap hasil belajar matematika siswa dengan mengendalikan kemampuan awal siswa. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Bulango Utara, Gorontalo pada Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan melibatkan 80 siswa kelas XI sebagai sampel. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Analisis Kovarian 2x2. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa setelah mengontrol kemampuan awal matematika: (1) hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran inovatif progresif lebih tinggi daripada model pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar matematika siswa antara kelompok teknik reward score lebih tinggi daripada yang diberi teknik corect score, dan (3) terdapat pengaruh intereaksi antar model pembelajaran dan teknik pensekoran terhadap hasil belajar matematika siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran inovatif progresif dan teknik reward score lebih unggul meningkatkan hasil belajar matematika dibandingkan model pembelajaran ekspositori dan teknik correct score. Efektivitas model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar matematika bergantung pada teknik penskoran. Disarankan bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, guru perlu menggunakan model pembelajaran dan teknik pensekoran yang tepat dan benar.**************** Improved mathematics learning outcomes are largely determined by the intervention of innovative learning models and appropriate assessment techniques. This study aims to examine the effect of learning models and recording techniques on student mathematics learning outcomes by controlling students' initial abilities. The study was conducted at SMK Negeri 1 Bulango Utara, Gorontalo in the 2017/2018 Academic Year, involving 80 students of class XI as a sample. The method used is a quasi-experimental design with 2x2 Covariance Analysis. The results of the study revealed that after controlling for the initial ability of mathematics: (1) students' mathematics learning outcomes with progressive innovative learning models were higher than expository learning models, (2) student learning outcomes in mathematics between reward score techniques were higher than those given the corect score technique, and (3) there is an influence of interaction between learning models and the technique of casting on student mathematics learning outcomes. The conclusion of this study is that progressive innovative learning models and reward score techniques are superior in improving mathematics learning outcomes compared to expository learning models and correct score techniques. The effectiveness of learning models in improving mathematics learning outcomes depends on scoring techniques. It is recommended that to improve students' mathematics learning achievement, teachers need to use appropriate learning models and learning techniques.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yetti Supriati, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 2659 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2021 02:27
Last Modified: 28 Oct 2022 05:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8086

Actions (login required)

View Item View Item