DESTI NURHASANAH., . (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS FABEL MELALUI TEKNIK COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SDN SUKAMANTRI 01 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
AWALAN.pdf Download (45kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (56kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (74kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (447kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (47kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (37kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis fabel siswa kelas V SDN Sukamantri 01 Bekasi melalui teknik Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Teknik Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis fabel, melatih siwa dalam membaca dan menulis, melatih siswa dalam bekerjasama, melatih siswa bertanggung jawab terhadap tugasnya, serta melatih kepercayaan diri siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN sukamantri 01 Bekasi dengan objek penelitian siswa kelas V. Siswa kelas V dipilih karena dalam satu kompetensi yang harus dicapai siswa pada tingkatan ini adalah dapat mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Action Reserch (penelitian kaji tindak). Dalam penelitian ini, tindakan yang diberikan berupa penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis fabel. Sesuai dengan metode yang digunakan, penelitian ini dilakukan melalui siklus. Langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian ini terdiri empat langkah yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Rata-rata nilai kemampuan menulis fabel siswa pada siklus I sebesar 68,5 dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 50. Data tersebut menunjukkan tidak meratanya kemampuan siswa. Nilai rata-rata kemampuan menulis fabel siswa pada siklus II sebesar 77,3 dengan nilai terendah 67 dan nilai tertinggi 85. Terjadi peningkatan pada semua siswa bila dibandingkan dengan siklus I. Peningkatan secara kualitatif dapat terlihat dari nilai rata-rata kemampuan menulis fabel dari siklus I ke siklus II sebesar 9 poin. Peningkatan secara kualitatif juga terliaht dari catatan harian siswa yang pada vi akhir siklus II menyatakan beberapa hal seperti bertambahnya kemampuan mengembangkan amanat, alur, konflik, ejaan, organisasi isi, diksi, dan ejaan saat menulis fabel. Melihat data-data tersebut, penelitian ini dapat dikatakan berhasil dan telah mencapai kriteria nilai yang ditentukan pihak sekolah yaitu rata-rata kelas 75. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu acuan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas. Keterpaduan seluruh aspek kebahasaan serta apresiasi sastra diharapkan mampu memenuhi tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | putra putra putra |
Date Deposited: | 30 Oct 2019 11:07 |
Last Modified: | 30 Oct 2019 11:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/815 |
Actions (login required)
View Item |