PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 52 JAKARTA

Cindy Marsitaully, . (2016) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 52 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (24kB)
[img] Text
2. abstrak-daftar isi.pdf

Download (321kB)
[img] Text
3. BAB I -V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua tunggal terhadap hasil belajarpeserta didik di SMA Negeri 52 Jakarta. Pola asuh terbagi menjadi empat jenis yakni, pola otoritatif, otoriter, permisif dan lalai. Pola asuh mempengaruhi hubungan orang tua dengan anak dan status anak sebagai peserta didik di sekolah. Oleh karenanya, penelitian ini memiliki permasalahan penelitian yaitu: Apakah pola asuh orang tua tunggal berpengaruh terhadap hasil belajarpeserta didik di SMA Negeri 52 Jakarta?Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan wawancara. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua tunggal. Sedangkan, variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Populasi dari penelitian ini tidak diketahui karena sekolah tidak memiliki data jumlah anak dengan orang tua tunggal. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode snowball samplingsejumlah 32 orang. Variabel pola asuh orang tua tunggal diturunkan berdasarkandimensi permintaan dan penerimaan untuk kemudian ditentukantipe-tipe pola asuhnya,yang dikembangkan oleh Diana Baumrind. Sedangkan variabel hasil belajar siswa diturunkan sesuai dengan kurikulum 2013pada nilai pengetahuan atau kognitif. Selain angket, penelitian ini juga menggunakan metode wawancara untuk memperkaya hasil penelitian. Wawancara dilakukan kepada 5 dari 32 orang responden yang dipilih secara acak untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajarpeserta didik.Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua tunggal terhadap keberhasilan belajar peserta didik di SMA Negeri 52 Jakarta. Hal ini didasarkan pada uji chi kuadrat yang memperoleh signifikansi X2sebesar 1.524, lebih kecil dari nilai X2 pada tabel 7,815dengan derajat kebebasan 3dan taraf signifikansi 5%. Pada penelitian ini, faktor pola asuh orang tua tunggal tidak berpengaruh pada hasil belajarpeserta didik. Oleh karena itu dilakukan wawancara kepada 5 orang narasumber untuk mencari faktor-bagaimana keluarga orang tua tunggal dalam menjalankan perannya dan faktor lainnya yang mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik. Dari hasil wawancara, ditemukan beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga(peran orang tua tunggal), faktor lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 22 Jul 2020 15:52
Last Modified: 22 Jul 2020 15:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8161

Actions (login required)

View Item View Item