PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 37 JAKARTA

Dea Aulia, . (2016) PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 37 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (76kB)
[img] Text
3. ABSTRAK - DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh Metode Karyawisata terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 37 Jakarta dari bulan Oktober 2015 sampai Juli 2016.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh kelas di SMA Negeri 37 Jakarta yang berjumlah 22 kelas dan terdiri dari 938 siswa. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah kelas XI MIPA yang Berjumlah 4 kelas dan terdiri dari 274 siswa.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Sampel yang diambil berjumlah 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang masing -masing kelas terdiri dari 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniberupa soal pilihan ganda sebanyak 45 soal yang valid dari 60 soal uji coba instrument yang dilakukan melalui uji validitas dengan rumus “r” product moment. Sedangkan uji relialibitas dengan rumus Spearman Brown diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,919 yang menunjukan instrumen dapat digunakan. Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors pada kelas eksperimen diperoleh Lh (0.143)< Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lh (0.120) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunkan uji barlett dan diperoleh Xh(1,731) < Xt(3,84) maka varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t menghasilan th(3,111) > tt(2,00)pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05 ) maka H0ditolak dan Hditerima. Dapat disimpulkan bahwa metode karyawisata berpengaruh terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia di SMA Negeri 37 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 22 Jul 2020 19:10
Last Modified: 22 Jul 2020 19:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8165

Actions (login required)

View Item View Item