AKTIVITAS ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN PENGURUS OSISDI SMA NEGERI 42 JAKARTA

DESCA PARIDANA, . (2016) AKTIVITAS ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN PENGURUS OSISDI SMA NEGERI 42 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (611kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan aktivitas OSIS dalam membentuk karakter kemandirian siswa (pengurus OSIS) yang diterapkan oleh OSIS SMA Negeri 42 Jakarta. SMA Negeri 42 Jakarta merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan karakter, terutama karakter kemandirian. Penelitian ini dimulai pada bulan Februari hingga Mei 2016.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Alat yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, serta wawancara yang dilakukan kepada informan dan key informantyang ada di SMA Negeri 42 Jakarta. Wawancara dilakukan kepada para pengurus OSIS dengan menggunakan metode purposive sampling. Serta dengan menambahkan dua orang key informantyaitu Pembina OSIS dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Setelah itu dilengkapi oleh pendapat ahli.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas-aktivitas yang dilakukan OSIS SMA Negeri 42 Jakarta dalam membentuk karakter pengurus OSIS meliputi aktivitas melihat, aktivitas berbicara dan mendengarkan, aktivitas menulis, aktivitas bergerak, aktivitas mental, dan aktivitas gerakan jiwa. Pelaksanaan pendidikan berbasis karakter kemandirian yang dilakukan pada pengurus OSIS meliputi pembinaan kemandirian dari aspek kemandirian emosi, kemandirian, ekonomi, kemandirian intelektual, dan kemandirian sosial. Hal tersebut dapat kita amati pada saat mengadakan suatu kegiatan kesiswaan. Mereka merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasikannya dengan cukup baik danmenjunjung semangat gotong royong.Kesimpulan dari penelitian ini adalah SMA Negeri 42 Jakarta telah menerapkan pembentukan karakter kemandirian. Beberapa nilai-nilai yang telah diterapkan seperti kemandirian emosi, kemandirian ekonomi, kemandirian intelektual, dan kemandirian sosial, maka OSIS SMA Negeri 42 Jakarta memiliki peranan dalam membentuk nilai-nilai kemandirian. Pihak sekolah sudah berusaha untuk mencetak pemimpin masa depan yang mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 22 Jul 2020 20:24
Last Modified: 17 May 2022 06:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8171

Actions (login required)

View Item View Item