PENANAMAN CIVIC SKILLSBAGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn (Studi di SMA Negeri 61 Jakarta)

DIAH RAMADHANIZ PUTRIE, . (2016) PENANAMAN CIVIC SKILLSBAGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn (Studi di SMA Negeri 61 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
File 1.pdf

Download (373kB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (185kB)
[img] Text
File 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
File 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
File 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
File 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman civic skillsdalam pelajaran PPKn yang diterapkan oleh Guru PPKn di SMA Negeri 61 Jakarta. SMA Negeri 61 Jakarta merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kegiatan-kegiatan tertentu dalam penanaman civic skillspeserta didik. Penelitian ini dimulai pada bulan Februari hingga Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Alat yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, serta wawancara yang dilakukan kepada informan dan key informanyang ada di SMA Negeri 61 Jakarta. Wawancara diakukan kepada beberapa siswa dari beberapa kelas dengan menggunakan random sampling. Serta dengan menambahkan dua key informanyaitu Guru PPKn SMA Negeri 61 Jakarta dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 61 Jakarta. Setelah itu dilengkapi oleh pendapat ahli yaitu Dosen Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Jakarta.Hasil yang diperoleh adalah beberapa kategori dalam civic skillsyang dimiliki oleh siswa SMA Negeri 61Jakarta. Beberapa kategori yang diamati melalui observasi serta hasil wawancara yang membuktikannya, dan bisa terlihat pada saat proses pembelajaran di kelas. Pesera didik sudah mampu mengorganisasi, mengkomunikasikan dan menerapkan pengambilan keputusan bersama setiap kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Selain itu peserta didik juga sudah mampu berpikir kritis terhadap kebijakan atau peraturan baru yang di keluarkan pihak sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah SMA Negeri 61 Jakartatelah menerapkan penanaman civic skills untuk peserta didiknya. Beberapa kategori yang diterapkan seperti kegiatan dalam mengorganisasi, mengkomunikasi, pengambilan keputusan bersama dan berpikir kritis siswa melalui praktik kegiatan tertentu dalam prosespembelajarannya. Maka Guru PPKn dan pihak sekolah SMA Negeri 61 Jakarta memiliki peranan dalam penanaman civic skillssiswa. Pihak sekolah sudah berusaha untuk mencetak seorang warga negara yang memiliki sikap dan perilaku sebagai warga negara yang baik dan berguna di masa depannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 24 Jul 2020 16:46
Last Modified: 24 Jul 2020 16:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8184

Actions (login required)

View Item View Item