PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDSTERHADAP HASIL BELAJAR PPKN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Bekasi)

DITA DESVIANI ADI, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDSTERHADAP HASIL BELAJAR PPKN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (233kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI SKRIPSI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang pengaruh model pembelajaran Time Token Arends terhadap hasil belajar PPKN di SMP Negeri 6 Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan, terhitug mulai Februari 2016 sampai April 2016 di SMP Negeri 6 Bekasi. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi keseluruhan adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bekasi yang berjumlah 356siswa, sehingga didapatkan sampel yaitu kelas VIII-1 sebanyak 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-3 sebanyak 38 orang sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 30 soal, dilakukan sebnayak 2 kali yaitu pre test dan post test. Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lillieforspada kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0.077 < 0.144 maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0.104 < 0.144 maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung (1.05) < Ftabel (1.73), maka varians adalah sama atau homogen.Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t, maka diperoleh harga 2,547 yang artinya lebih besar dari harga t pada tabel sebesar 1,993 pada taraf kepercayaan 90% (α = 0.05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Time Token Arends berpengaruh terhadap hasil belajar PPKN di SMP Negeri 6 Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2020 18:02
Last Modified: 28 Jul 2020 18:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8228

Actions (login required)

View Item View Item