PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDSTERHADAP HASIL BELAJAR PPKN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Bekasi)

DITA DESVIANI ADI, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDSTERHADAP HASIL BELAJAR PPKN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI SKRIPSI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang pengaruh model pembelajaran Time Token Arends terhadap hasil belajar PPKN di SMP Negeri 6 Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan, terhitug mulai Februari 2016 sampai April 2016 di SMP Negeri 6 Bekasi. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi keseluruhan adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bekasi yang berjumlah 356siswa, sehingga didapatkan sampel yaitu kelas VIII-1 sebanyak 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-3 sebanyak 38 orang sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 30 soal, dilakukan sebnayak 2 kali yaitu pre test dan post test. Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lillieforspada kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0.077 < 0.144 maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0.104 < 0.144 maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung (1.05) < Ftabel (1.73), maka varians adalah sama atau homogen.Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t, maka diperoleh harga 2,547 yang artinya lebih besar dari harga t pada tabel sebesar 1,993 pada taraf kepercayaan 90% (α = 0.05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Time Token Arends berpengaruh terhadap hasil belajar PPKN di SMP Negeri 6 Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2020 18:02
Last Modified: 28 Jul 2020 18:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8228

Actions (login required)

View Item View Item