KONSTRUKSI SOSIAL BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 53 JAKARTA TIMUR

Elis Listiana, . (2016) KONSTRUKSI SOSIAL BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 53 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak, lembar pengesahan, daftar isi.pdf

Download (334kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (119kB)
[img] Image
Lembar Pengesahan.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan penanaman nilai-nilai budaya sekolah dalam membangun karakter siswa.Penelitian ini menggambarkan budaya sekolah yang ada di SMA Negeri 53 Jakarta, konstruksi sosial budaya sekolah melalui empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengembangan, serta implikasi penanaman budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa.Teori yang digunakan ialah Konstruksi sosial Peter L Berger.Metodelogi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknikpengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Unit analisis dalam penelitian iniadalah16 informan yang terdiri dariKepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan,guru piket, guru BK, Wali kelas,guru mata pelajarandan 10 orang siswaPenelitian ini juga menggunakan data sekunder yaitu tata tertib sekolah untuk memperkuat temuan data di lapangan.Hasil penelitian ini menemukan bahwa hukuman menulis bagi siswa yang terlambat dapat mengolah kemampuan siswa dalam menulis dan mengarang. Konstruksi sosial budaya sekolah melalui tahap eksternalisasi yaitu adanya aturan dan kegiatan pembiasaan, obyektivasi dengan pengkategorian budaya yang telah terobyektifikasi, yaitu budaya sekolah kuat seperti budaya religius dan disiplin, budaya sekolah sedang seperti budaya membaca dan budaya sehat dan bersih, dan budaya sekolah lemah seperti budaya nasionalisme (cinta tanah air). Internalisasi budaya sekolah dengan mensosialisasikan kembali nilai budaya yang masih lemah. Nilai budaya dan karakter yang dikembangkan sekolah memprioritaskan pada kedisiplinan, religius siswa, rasa nasionalisme, budaya membaca dan menulis sebagai wujud keterampilan akademik siswa, kejujuran, pedulilingkungan, dan peduli sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 29 Jul 2020 15:40
Last Modified: 29 Jul 2020 15:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8242

Actions (login required)

View Item View Item