PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TUR, DESTINATION IMAGE, PERSEPSI NILAI, DAN KEPUASAN TURIS TERHADAP MINAT MENGUNJUNGI ULANG SYDNEY, AUSTRALIA

GHASSANI HERSTANTI, . (2014) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TUR, DESTINATION IMAGE, PERSEPSI NILAI, DAN KEPUASAN TURIS TERHADAP MINAT MENGUNJUNGI ULANG SYDNEY, AUSTRALIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
GHASSANI HERTANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari faktor-faktor determinan yang mempengaruhi variabel minat mengunjungi ulang serta melakukan pengujian pada variabel kualitas pelayanan tur, destination image, persepsi nilai dan kepuasan turis yang mempengaruhi minat mengunjungi ulang turis Indonesia ke Sydney, Australia. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah turis Indonesia yang sudah pernah mengunjungi Sydney, Australia dengan menggunakan biro perjalanan wisata. Total sampel pada penelitian ini berjumlah 227 orang. Pilot studi dilakukan kepada 50 orang responden. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 20 dan AMOS 22. Hasil faktor analisis melaporkan terdapat lima variabel yaitu variabel kualitas pelayanan tur dengan lima dimensi dan sembilan belas indikator, variabel destination image dengan empat dimensi dan dua puluh satu indikator, variabel persepsi nilai dengan dua dimensi dan sepuluh indikator, variabel kepuasan turis minat dengan empat dimensi dan empat belas indikator serta variabel mengunjungi ulang dengan dua dimensi dan tujuh indikator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga dari empat faktor determinan yang mempengaruhi variabel minat mengunjungi ulang yaitu variabel kualitas pelayanan tur, destination image, dan kepuasan turis dengan nilai P sebesar 0.84, CMIN/DF sebesar 1.33, TLI sebesar 0.09, CFI sebesar 0.99, dan RMSEA sebesar 0.04. Variabel kualitas pelayanan tur berpengaruh negatif terhadap minat mengunjungi ulang Sydney, Australia dengan hasil P sebesar 0.26, CMIN/DF 1.11, TLI sebesar 0.99, CFI sebesar 0.99, dan RMSEA sebesar 0.02. Variabel destination image berpengaruh negatif terhadap minat mengunjungi ulang Sydney, Australia dengan hasil P sebesar 0.33, CMIN/DF 1.11, TLI sebesar 0.99, CFI sebesar 0.99, dan RMSEA sebesar 0.02. Variabel persepsi nilai tidak berpengaruh terhadap minat mengunjungi ulang Sydney, Australia. Variabel kepuasan turis berpengaruh positif terhadap minat mengunjungi ulang Sydney, Australia dengan hasil P sebesar 0.07, CMIN/DF 1.54, TLI sebesar 0.99, CFI sebesar 0.99, dan RMSEA sebesar 0.04. Hasil dari penelitian ini bermanfaat bagi industri pariwisata, untuk memasarkan tujuan wisata suatu negara. ************************* The purpose of this study was to find the factors that influence the determinants of variable intentions to revisit and testing on variable tour service quality, destination image, perceived value and tourist satisfaction on Indonesian tourists’ intentions to revisit Sydney, Australia. Methods of data collection in this study using a survey method. The population in this study is Indonesian tourists who have been to Sydney, Australia by using a travel agent. The total sample in this study amounted to 227 people. Pilot studies were conducted to 50 respondents. The analytical tool used was SPSS 20 and AMOS 22. The results of the factor analysis reported there are five variables, the variable tour service quality with five dimensions and nineteen indicators, variable destination image with the four dimensions and twenty one indicator, variable perceived value with twodimension and ten indicators, variable tourist satisfaction with the four dimensions and fourteen indicators and variable intention to revisit with twodimensions and seven indicators. The results of this study indicate that three of four determinants factors affecting the variable intentions to revisit that is variable tour service quality, destination image, and tourist satisfaction with a P value of 0.84 , CMIN/DF at 1.33, TLI of 0.99, CFI of 0.99 , and RMSEA at 0.04 . Tour service quality variables significantly negative influence intentions to revisit Sydney , Australia with P at 0.26, CMIN/DF 1.11, TLI of 0.99, CFI of 0.99, and RMSEA of 0.02. Destination image variables significantly negative influence intention to revisit Sydney, Australia with P results at 0.33 , CMIN / DF 1.11 , TLI of 0.99 , CFI of 0.99 , and RMSEA at 0.02. Perceived value variable does not significantly influence interest intention to revisit Sydney , Australia. Tourist satisfaction variables significantly positive influence intention to revisit Sydney , Australia with P results at 0.07 , CMIN / DF 1.54 , TLI of 0.99 , CFI of 0.99 , and RMSEA at 0.04 . The results of this study for the tourism industry , to promote the destination country .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 05 Aug 2020 15:22
Last Modified: 05 Aug 2020 15:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8294

Actions (login required)

View Item View Item