Pengaruh Media Bola yang Diberi Angka dan Warna Berbeda Terhadap Peningkatan Minat Belajar Pengenalan Angka pada Anak PAUD

Amalia Nunuh Rasyid, . (2016) Pengaruh Media Bola yang Diberi Angka dan Warna Berbeda Terhadap Peningkatan Minat Belajar Pengenalan Angka pada Anak PAUD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.docx.pdf

Download (59kB)
[img] Text
2. PENGANTAR.docx.pdf

Download (109kB)
[img] Text
3. BAB I.docx.pdf

Download (63kB)
[img] Text
4. BAB II.docx.pdf

Download (136kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (289kB)
[img] Text
6. BAB IV.docx.pdf

Download (83kB)
[img] Text
7. BAB V.docx.pdf

Download (48kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (51kB)
[img] Text
14. RIWAYAT HIDUP.docx.pdf

Download (58kB)
[img] Text
15. ARTIKEL JURNAL.docx.pdf

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bola yang diberi angka dan warna yang berbeda dalam upaya meningkatkan minat belajar pengenalan angka pada anak PAUD. Terdapat empat dimensi dari minat belajar pengenalan angka yaitu meningkatnya perhatian, konsentrasi yang lebih besar, perasaan senang melakukan usaha dan meningkatnya keinginan untuk belajar. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain onegroup pretest-posttest. Proses pengambilan data dilakukan dengan metode observasi yang melibatkan 3 orang penilai. Penilai melakukan observasi terhadap minat belajar pengenalan angka pada anak PAUD. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 8 siswa TKIT Sahabat, Jakarta Timur. Partisipan merupakan anak paud dengan usia 4-5 tahun dari kelas A. Perlakuan dengan media bola dilakukan berkelompok dengan durasi 12 menit. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji nonparametrik Mc Nemar dengan menggunakan program aplikasi Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media bola yang diberi angka dan warna berbeda tidak berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar pengenalan angka pada anak PAUD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Kencana Wulan, M.Psi ; 2). Winda Dewi Listyasari, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: hartati tati
Date Deposited: 30 Oct 2019 12:22
Last Modified: 30 Oct 2019 12:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/833

Actions (login required)

View Item View Item