RUDI RITONGA, . (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus V Wilayah Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2016/2017). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (583kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (177kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas IV di wilayah Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta. Desain penelitian ini menggunakan faktorial 2X3 yaitu desain penelitian eksperiment yang terdapat tiga variabel penelitian. Variabel penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel moderator, variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran, sedangkan variabel moderator pada penelitian ini adalah motivasi belajar yang terdiri dari motivasi belajar tinggi (B₁) dan motivasi belajar rendah (B₂). Sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan menulis narasi. Penelitian ini diberi perlakuan dalam enam kelas sebagai sampel penelitian, yaitu dua kelas menggunakan model pembelajaran scaffolding, dua kelas menggunakan model pembelajaran partisipatif dan dua kelas lagi menggunakan model pembelajaran discovery learning. Perlakuan pembelajaran diberikan 6 kali pertemuan dengan kisaran 90 menit. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis narasi siswa yang diajarkan model pembelajaran scaffolding lebih tinggi jika dibandingkan dengan kemampuan menulis narasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran partisipatif ataupun model discovery learning. Kemudian terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis narasi, hal ini terlihat dari hasil kemampuan menulis narasi antar kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi bahwa hasil menulis narasi siswa menggunakan model pembelajaran scaffolding lebih tinggi dari pada model partisipatif ataupun model discovery learning. Sementara hasil temuan peneliti pada siswa memilki motivasi belajar rendah lebih tinggi hasil menulis narasi siswa jika menggunakan model pembelajaran discovery learning dari pada model scaffolding ataupun model partisipatif. ********************** This study aims to analyze the effect of learning models on the ability to write narrative grade IV students in the South Jakarta area of DKI Jakarta Province. The design of this study uses a 2X3 factorial experimental design that contains three research variables. This research variable consists of one independent variable and one moderator variable, the independent variable of this study is the learning model, while the moderator variable in this study is learning motivation which consists of high learning motivation (B₁) and low learning motivation (B₂). While the dependent variable of this study is the ability to write narration. This study was treated in six classes as a research sample, namely two classes using a scaffolding learning model, two classes using a participatory learning model and two more classes using a discovery learning model. The learning treatment was given 6 meetings with a range of 90 minutes. The findings of the study show that the ability to write narrative students taught by scaffolding learning models is higher when compared to the ability to write narrative students who are taught with participatory learning models or discovery learning models. Then there is the effect of interaction between the use of learning models and learning motivation on the ability to write narration, this is evident from the results of the ability to write narratives among groups of students who have high motivation to learn that the results of writing student narratives using scaffolding learning models are higher than participatory or discovery models. learning. While the findings of researchers on students have low learning motivationhigher student narrative writing results if using discovery learning models than scaffolding or participatory models
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr.Zulela, M.S.,M.Pd ; 2). Dr.Robinson Situmorang, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 3875 not found. |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 16:03 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 16:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8337 |
Actions (login required)
View Item |