Implementasi Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis Melalui Media Lagu Berbasis Pendekatan PAKEM Pada Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Atas

Febriana, . (2014) Implementasi Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis Melalui Media Lagu Berbasis Pendekatan PAKEM Pada Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Atas. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk membangun dan menerapkan model pembelajaran kosakata bahasa Prancis melalui media lagu. model pembelajaran ini dibangun dan diterapkan pada pembelajaran bahasa Prancis siswa kelas XI di sekolah menengah atas berdasarkan desain pembelajaran PAKEM. Tujuan dari pembuatan model ini adalah menciptakan suasana belajar yang menarik, menyenangkan, aktif, interaktif dan efektif. Pada pengaplikasian model ini, siswa ditempatkan pada suatu situasi belajar yang berbeda yaitu siswa dituntut menjadi lebih aktif dalam pembentukan pengetahuan dan pemahaman mereka. Dan terlihat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga terjadilah simbiosis mutualisme, guru hanya berperan sebagai motivator, inspirator, mediator dan fasilitator sedangkan siswa berperan aktif dan kreatif. Dengan demikian tujuan pembelajaran pun dapat dicapai. Materi pembelajaran yang disajikan yaitu lagu berbahasa Prancis yang berjudul la danse des couleurs . Desain model pembelajaran ini terdiri dari lima tahap yaitu, tahap kesiapan dan motivasi, tahap alat pemusat perhatian siswa, tahap partisipasi, tahap umpan balik, dan tahap pengulangan. Pada tahap kesiapan dan motivasi, guru membangun pengetahuan dan pengalaman siswa dengan berbagai kegiatan seperti, mengabsen siswa, membagikan teks, tanya jawab mengenai materi yang lalu dan menghubungkannya dengan materi yang akan dibahas. Pada tahap alat pemusat perhatian siswa, guru memutarkan lagu berbahasa Prancis yang berjudul la danse des couleurs, kemudian meminta siswa untuk mengisi transkripsi. Pada tahap partisipasi siswa, guru mengajak siswa untuk mengoreksi bersama transkripsi yang dikerjakan dan membahas teks yang dibagikan, sambil membuat kalimat-kalimat sederhana baru. Pada tahap umpan balik, guru mengecek pemahaman siswa dengan menunjukkan beberapa gambar tokoh dan meminta siswa untuk mendeskripsikannya sesuai dengan pakaian yang dikenakannya menggunakan bahasa Prancis. Pada tahap pengulangan, guru mengajak siswa menyanyikan bersama lagu la danse des couleurs untuk melatih pengucapan siswa, kemudian mengingatkan siswa untuk berlatih secara mandiri, sebab belajar melalui lagu bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun, dan siswa bisa meminta umpan balik kepada guru kapan pun. Hasil akhir penelitian ini adalah berupa penerapan sebuah model yang berdasarkan lagu berbahasa Prancis yang berjudul la danse des couleurs. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran alternatif bahasa Prancis bagi pengajar atau calon pengajar bahasa Prancis dalam mengajarkan kosakata bahasa Prancis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 30 Oct 2019 12:35
Last Modified: 30 Oct 2019 12:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item