INTERAKSI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI 44 JAKARTA

IKA OKTAVIANI, . (2020) INTERAKSI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI 44 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang menggabungkan antara anak berkebutuhan khusus dengan peserta didi lain dalam satu lingkungan sekolah yang sama. Dengan gangguan yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus akan berpengaruh terhadap interaksinya. Tujuan dari penelitian ialah menganalisis dan mendeskripsikan interaksi anak berkebutuhan khusus dan penerimaan anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 44 Jakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan dalam lingkungan sekolah SMP Negeri 44 Jakarta dengan informan berjumlah sebelas anak berkebutuhan khusus dengan gangguan lamban belajar (slow learner), tunagrahita dan tunaganda. Key informan penelitian ini adalah guru bimbingan konseling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus gangguan tunagarahita dan tunaganda (tunagrahita-tunadaksa) memiliki kepercayaan diri yang rendah, pemalu dan ada fokus dengan dunianya sendiri sehingga melakukan sedikit interaksi dengan orang lain. Anak berkebutuhan khusus yang memiliki gangguan lamban belajar (slow learner) berinteraksi biasa seperti peserta didik pada umumnya. Pada kerja sama kelompok anak berkebutuhan khusus tidak memberikan ide, pendapat dan gagasannya. Adanya penerimaan yang belum seuntuhnya karena masih adanya ejekan “Anak ABK” dan penolakan untuk satu kelompok dengan anak berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, Interaksi Sosial, Pendidikan Inklusif.   ******** Inclusive education is a form of education that combines children with special needs with ordinary students in the same school. Disruption owned by children with special needs will certainly affect the interaction in the school. The purpose of this research is to analyze and describe the interaction of children with special needs and acceptance of children with special needs in SMP Negeri 44 Jakarta. This research used qualitative research with a descriptive approach. The research conducted in the environment of SMP Negeri 44 Jakarta, a total of informants eleven children with special needs with slow learning disabilities, mental retardation and, multiple handicaps. The key informant of this research is a counseling guidance teacher. Data collection methods used in this research were interviews, observation, and documentation. Data were analyzed by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that children with special needs of mental retardation and multiple handicaps have low self-esteem, are embarrassed, and focus on their own world so they do little interaction with others. Children with special needs who have slow learning disabilities interact normally like students in general. children with special needs does not provide ideas, opinions, and ideas in the cooperation of groups. The acceptance is not complete yet because there is still ridicule "Children with special needs" and rejection for same group with children with special needs. Key Words: Children with Special Needs, Social Interaction, Inclusive Education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd. 2). Raharjo, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4073 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2020 14:32
Last Modified: 19 Aug 2020 14:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8371

Actions (login required)

View Item View Item