BIOGRAFI PEMIKIRAN PENDIDIKAN: PEDAGOGIK KRITIS-TRANSFORMATIF DARI H.A.R TILAAR PERIODE 1974-2014

Indra Gunawan, . (2016) BIOGRAFI PEMIKIRAN PENDIDIKAN: PEDAGOGIK KRITIS-TRANSFORMATIF DARI H.A.R TILAAR PERIODE 1974-2014. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
daftar singkatan dan istilah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pemikiran pendidikan H.A.R Tilaar dan memaparkan sejarah hidupnya. Penelitian ini menggunakan metode historis dengan teknik penulisan deskrtiptif-naratif. Sumber data diperoleh daripilihan tulisan-tulisan dalam buku H.A.R Tilaar dan artikel-artikel yang dipublikasikan serta beberapa buku, serta dokumen yang mendukung informasi.Hasil penelitian ini menunjukan sejarah hidup H.A.R Tilaar dari masa kecilnya di Tondano hingga masa dewasanya di Jakarta sebagai pakar pendidikan, yang sedari kecil memiliki ketertarikan yang kuat pada dunia pendidikan. Pemikirannya banyak mengupas permasalahan-permasalahan pendidikan mulai dari era Orde Baru hingga pasca reformasi. Pemikirannya mengalami pergeseran terutama saat keran demokrasi tiba.Tilaar lebih radikal dalam memandang pendidikan dengan menggunakan pendekatan pedagogik kritis. Meskipun pada era Orde Baru tidak bisa dikatakan pemikirannya tidak progresif. Pedagogik transformatif kemudian menjadi nama yang ia beri bagi pendekatan pedagogiknya yang terinspirasi kuat dari pedagogik kritis. Hasil dari pendekatan pemikirannya tersebut, banyak persoalan-persoalan pendidikan, terutama liberalisasi pendidikan di Indonesia dikupasolehnya dengan kritis bahkan tak jarang terlibat aktif untuk menentang praktek-praktek liberalisasipendidikan. Selain itu, Tilaar memperkaya khasanah ilmu pendidikan nasional dan pada 2014, ia menulis tentang Ki Hajar Dewantara dan tesisnya adalah bapak pendidikan Indonesia tersebut merupakan pemikir pedagogik kritis pertama di Indonesia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sejarah > Biografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Aug 2020 15:08
Last Modified: 18 Aug 2020 15:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8399

Actions (login required)

View Item View Item