HUBUNGAN GAYA BELAJAR MODEL DAVID KOLB DENGAN HASIL BELAJAR PETA PADA SISWA KELAS XII SMA KSATRYA JAKARTA PUSAT

INDRASABAR, . (2016) HUBUNGAN GAYA BELAJAR MODEL DAVID KOLB DENGAN HASIL BELAJAR PETA PADA SISWA KELAS XII SMA KSATRYA JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Lmb Pngeshan, abstrak, Daftar Isi,dll.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pembuktian empiris hubungan gaya belajar dengan hasil belajar peta pada siswa kelas XII SMA Ksatrya Jakarta Pusat. Hipotesisnya adalah: gaya belajar memiliki hubungan terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi target penelitian adalah seluruh siswa SMA Ksatrya Jakarta Pusat, sedangkan populasi terjangkaunya adalah 95 siswa yang berasal dari tiga Kelas XII SMA Ksatrya Jakarta.Semua populasi terjangkau (95 siswa) dijadikan sampel penelitian sehingga penelitian ini menggunakan sampel jenuh yang diambil dengan teknik sensus.Pengumpulan data variabel gaya belajar dilakukan dengan kuesioner model David Kolb, sedangkan variabel hasil belajar peta dilakukan dengan tes. Tes hasil belajar diuji validitas dengan rumus point biserial dan diuji reliabilitas dengan rumus KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statisik deskriptif dan statistik parametrik korelasi Product Moment Pearson.Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar divergen memiliki hubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar. Nilai koefisien korelasinya sebesar 0,264 dengan nilai sig. (2-tailed)sebesar 0,036(<0,05).Sedangkan gaya belajar asimilatif, konvergen dan akomodator dengan nilai koefisien korelasi masing-masing -0,015, 0,075 dan -0,146 tidak memiliki hubungan signifikan dengan hasil belajar karena memiliki nilai sig.masing-masing 0,906, 0,519 dan 0,166 > 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Geografi, Antropologi > Oceanografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Aug 2020 15:21
Last Modified: 18 Aug 2020 15:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8400

Actions (login required)

View Item View Item