PENANAMAN NILAI - NILAI KETUHANAN (Studi Deskriptif pada Rohani Islam dan Rohani Kristen di SMAN 14 Jakarta)

GANES HARPENDYA, . (2020) PENANAMAN NILAI - NILAI KETUHANAN (Studi Deskriptif pada Rohani Islam dan Rohani Kristen di SMAN 14 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (132kB)

Abstract

Keberagaman agama merupakan salah satu ciri khas kemajemukan bangsa Indonesia, selain keberagaman ras, suku, dan budaya. Kebebasan memeluk dan manjalankan agama telah dijamin UUD 1945 dan termaktub pada sila pertama Pancasila yang berbunyi, “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Akan tetapi hal ini tidak serta-merta memiliki arti bahwa masyarakat Indonesia juga telah memahami dan menjalankan agama yang di anutya dengan benar. Hal ini dibuktikan dengan masih terdapatnya berbagai kasus intoleransi agama. Agama sebagai sumber ajaran moral tentang nilai-nilai Ketuhanan menjadi sistem kepercayaan yang seharusnya diyakini dan direpresentasikan dalam menghadapi setiap permasalahan kehidupan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui program kerja yang dilaksanakan Rohani Islam (Rohis) dan Rohani Kristen (Rohkris) SMAN 14 Jakarta dalam menanamkan nilai-nilai Ketuhanan, dan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai Ketuhanan yang dilaksanakan melalui program kerja Mentoring dan Kelompok Tumbuh pada kelas X, serta implikasinya terhadap penguatan toleransi antarumat beragama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini melibatkan 16 orang Informan, 4 orang Key Informan, dan 1 orang Expert Opinion. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa program kerja Rohani Islam dan Rohani Kristen dalam menananamkan nilai-nilai Ketuhanan. Proses penanaman nilai-nilai Ketuhanan yang dilaksanakan Rohani Islam dan Rohani Kristen melalui program kerja Mentoring dan Kelompok Tumbuh pada kelas X menunjukan adanya peningkatan pemahaman dan ketaatan siswa dalam meyakini dan menjalankan agamanya. Selain itu program Mentoring dan Kelompok Tumbuh berimplikasi pada sikap dan perilaku siswa yang lebih toleran terhadap penganut agama lain. The religions diversity is one of the characteristics of diversity in Indonesia, besides the races, ethnicities, and cultures. The freedom to embrace and practice religion has been guaranteed by UUD 1945 and is contained in the first principle of the Pancasila which reads; “Belief in the one and only God”. However, this does not necessarily mean that we have understood and practice our religion correctly. This is proven by the presence of various cases of religious intolerance. Religion as a source of moral teachings about Divine values becomes a belief system that should be believed and represented in dealing with every life problem. This study aims to find out the program held by two religious extracurricular organizations which are Rohani Islam (Rohis) and Rohani Kristen (Rohkris) in implementing Divine values; the implementation of Divine values through Mentoring and Kelompok Tumbuh at SMAN 14 Jakarta in class X; and their implications for strengthening tolerance among religious believers. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. This study involved 16 Informants, 4 Key Informants, and 1 Expert Opinion. The results of this study show that there are some programs from Rohani Islam and Rohani Kristen in implementing the Divine values. The process of implementing Divine values carried out by Rohani Islam and Rohani Kristen through a Mentoring and Kelompok Tumbuh in this study shows that there are changes and improvements in students obedience in believing and practicing their religion. In addition, the Mentoring and Kelompok Tumbuh programs also have implications for students attitudes and behaviors that are more tolerant against adherents of other religions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Agama Kristen
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4068 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2020 12:15
Last Modified: 18 Jul 2022 03:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8401

Actions (login required)

View Item View Item