HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN CARA BELAJAR SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 39 JAKARTA

Kartika Arthana Sihombing, . (2016) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN CARA BELAJAR SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 39 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB I-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB IV- V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
COVER SEMPRO.pdf

Download (20kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara persepsisiswa tentang pembelajaran sejarah dengan cara belajar siswa kelas XI IIS di SMANegeri 39 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 39 Jakarta, Cijantung,Jakarta Timur dari bulan April 2016 sampai dengan Juni 2016. Metode penelitian yangdigunakan adalah metode korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMANegeri 39 Jakarta, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IIS di SMANegeri 39 Jakarta tahun ajar 2015/2016 dengan jumlah siswa 72 orang. Teknikpengambilan sampel adalah dengan menggunakan sampel jenuh, artinya seluruh siswadalam populasi dijadikan sebagai responden.Untuk memperoleh data Varieabel X (Persepsi Siswa) diambil melalui butir pernyataankuisioner sebanyak 35 dan Variabel Y (Cara Belajar Siswa) diambil melalui butirpernyataan kuisioner sebanyak 24 dengan rentang skor 1-4. Sebelum instrumen final,terlebih dahulu digunakan instrumen kuisioner uji coba menggunakan uji validitasdengan rumusPearson,dengan hasil 21 valid dan 24 drop untuk Variabel X sedangkan19 valid dan 10 drop untuk Variabel Y. Dilanjutkan dengan kalibrasi serta ujireliabilitas dengan rumusAlpha Cronbach.Hasil teknik analisis data menyatakan bahwa semua variabel dalam penelitian ini telahmemenuhi persyaratan analisis (berdistribusi normal dan memiliki bentuk yang linier).Dari pengujian tersebut, maka diperoleh regresi persamaan Ŷ = 0,563X+1,711. Koefisien relasi adalah 0,611, artinya presentase sumbangan persepsi siswa dengancara belajar adalah sebesar 37,34%, sedangkan sisahnya 62,66% dipengaruhi olehfaktor-faktor lain yang tidak diteliti. Hasil perhitunan menyimpulkan bahwa persepsisiswa tentang pembelajaran sejarah memiliki hubungan positif dengan cara belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 Aug 2020 12:04
Last Modified: 19 Aug 2020 12:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8438

Actions (login required)

View Item View Item