EVALUASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER 4 PILAR TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA DAN SEMANGAT KEBANGSAAN DI SMA NEGERI 12 JAKARTA (Studi Kualitatif di SMA Negeri 12 Jakarta)

PRAYOGA DWI WIBOWO, . (2020) EVALUASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER 4 PILAR TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA DAN SEMANGAT KEBANGSAAN DI SMA NEGERI 12 JAKARTA (Studi Kualitatif di SMA Negeri 12 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI, SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana evaluasi kegiatan dari ekstrakurikuler 4 Pilar di SMA Negeri 12 Jakarta berlangsung. 2) Mengetahui bagaimana proses penanaman karakater peduli sosial dan semangat kebangsaan dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber penelitian dalam penelitian ini adalah anggota ekstrakurikuler 4 Pilar, Guru pembina ekstrakurikuler 4 Pilar dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tidak adanya metode kebaruan yang digunakan dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar, tidak ada pelaksanaan evaluasi yang dilakukan oleh kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar, tidak ada program kerja dari adanya kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar. Dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hanya diberikan pemahaman materi ataupun persiapan untuk mengikuti lomba. Sehingga dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar terhadap karakter peduli sosial dan semangat kebangsaan hanya dilakukan melalui pemberian materi saja tidak ada kegiatan lainnya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah diperlukan proses evaluasi secara menyeluruh dari berbagai aspek seperti context, input, process, product. Sehingga proses penanaman karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar tidak dilakukan dengan pemberian materi, tetapi bisa digunakan dengan kegiatan lainnya yang membuat partisipasi anggota meningkat dan memberikan kemajuan dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar. This research aims to find: 1) Know how to evaluate the extracurricular activities 4 Pilar at SMA Negeri 12 Jakarta held. 2) Know how to process planting social care and spirit of nationality in extracurricular activities 4 Pillar. The method being used in this research is descriptive with qualitative approach. Data collection techniques used, among others, interviews and documentation studies. The research source in this study is members of the 4 Pillar extracurricular, teacher of the extracurricular activites 4 Pilar and vice principal of student. This research was conducted at SMA Negeri 12 Jakarta. The results of this research show that; the absence of renewal method used in extracurricular activities 4 Pilar, there is no implementation of evaluation conducted by extracurricular activities 4 Pilar, There is no work program from the extracurricular activities 4 Pilar. In the implementation of extracurricular activities 4 Pillar are only given the understanding of materials or preparation to participate in the competition. So in the extracurricular activities 4 Pilar against the character of social care and the spirit of the nationality is only done through the given of materials and no other activites. The conclusion this research is necessary to thoroughly evaluate various aspect of the context, input, process, product. so that, the process of planting characters in extracurricular activites 4 Pilar is not conducted by giving of materials, but being able to use other activities increase member participation and giving progress in the extracurricular activities 4 Pilar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4203 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2020 18:04
Last Modified: 21 Aug 2020 19:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8458

Actions (login required)

View Item View Item