PENGARUH METODE COOPERATIVE DENGAN TEKNIK TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERWATAKAN TOKOH CERITA RAKYAT DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK SISWA KELAS X SMA NEGERI 113 JAKARTA

AGHFIR KURNIA SASI., . (2012) PENGARUH METODE COOPERATIVE DENGAN TEKNIK TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERWATAKAN TOKOH CERITA RAKYAT DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK SISWA KELAS X SMA NEGERI 113 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AWALAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode cooperative dengan teknik teams games tournament terhadap kemampuan mengidentifikasi perwatakan tokoh cerita rakyat dalam pembelajaran menyimak siswa kelas X SMA Negeri 113 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah eksperimen dengan teknik pengambilan sampel secara random atau acak. Jumlah sampel yang diteliti pada kelas eksperimen (X-9) sebanyak 34 siswa, sedangkan kelas kontrol (X-8) pada kelas kontrol sebanyak 34 siswa pula. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa rata-rata skor postes kemampuan mengidentifikasi perwatakan tokoh cerita rakyat kelas eksperimen sebesar 77,91 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor postes kelas kontrol sebesar 68,26. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas (Liliefors), homogenitas (Bartlett), dan uji-t. Hasil uji analisis terhadap sampel kedua kelas menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil analisis data dengan rumus uji-t diperoleh dengan harga t hitung = 6,14 sedangkan t tabel = 1,69. Karena t hitung > t tabel, maka H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian, metode cooperative dengan teknik teams games tournament dapat dijadikan metode alternatif untuk menaikkan skor kemampuan mengidentifikasi perwatakan tokoh cerita rakyat. Melihat pengaruh positif dari penerapan metode ini, maka diharapkan dapat membantu guru dalam mengoptimalkan pengajaran mengidentifikasi perwatakan tokoh. Kata kunci : metode cooperative, teknik teams games tournament, mengidentifikasi perwatakan tokoh, menyimak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 30 Oct 2019 13:25
Last Modified: 30 Oct 2019 13:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item