HUBUNGAN KESADARAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIII DI SMPN 158 JAKARTA

YULI NUR FAUZIAH, . (2020) HUBUNGAN KESADARAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIII DI SMPN 158 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.repisld.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (684kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Lampiran merged.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara Kesadaran Diri dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Dalam pengambilan sampel menggunakan rumus Nomogram Harry King, dengan jumlah sampel sebanyak 134 responden yang merupakan siswa kelas VIII di SMPN 158 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-April 2020. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dengan menggunakan metode liliefors dan uji linearitas dengan uji f. Hasil uji normalitas pada Kesadaran Diri menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,200 > 0,05. Hasil uji normalitas pada Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,200 > 0,05. Dengan demikian pada Kesadaran Diri dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn menunjukkan nilai berdistribusi normal. Selanjutnya yaitu uji linearitas diperoleh persamaan regresi Y ̂ = 21,042 + 0,777X. Peneliti selanjutnya melakukan uji hipotesis yang dimaksudkan mencari keberartian regresi, sehingga diperoleh F hitung > f tabel yaitu 79,186> 3,913 hal ini menunjukkan bahwa regresi yang diperoleh keberartian. Sedangkan uji kelinieran F hitung < F tabel yaitu 1,077 < 1,592 dengan demikian bersifat regresi linier. Kemudian hasil analisis data menggunakan korelasi product moment hasilnya menunjukkan 0,612 > 0,169 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara Kesadaran Diri dengan Hasil Belajar pada mata pelajaran PPKn. Kemudian untuk hasil uji t dihasilkan thitung > ttabel yaitu 8,899 > 1,978 artinya terdapat hubungan yang positif antara Kesadaran Diri variabel dengan Hasil Belajar pada mata pelajaran PPKn. Besarnya kontribusi Kesadaran Diri dengan Hasil Belajar pada mata pelajaran PPKn diketahui dari hasil uji koefisien determinasi. Hasil perhitungan yang telah dilakukan didapatkan nilai Koefisien Determinasi sebesar 0,375. Hal ini berarti kesadaran diri mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran PPKn 37,5% sedangkan sisanya sebesar 62,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan penelitian ini terdapat Hubungan Postif antara Kesadaran Diri dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PPKn kelas VIII di SMPN 158 Jakarta. This study aims to obtain empirical data regarding relationship between Self-Awareness and Learning Outcomes in PPKn Subjects. This study use an ex-post facto method with a quantitative approach. In taking the sample using the Harry King Nomogram formula, with a total sample of 134 respondents who are class VIII students at SMPN 158 Jakarta. This research was conducted in January-April 2020. The analysis prerequisite test conducted was the normality test using the Liliefors method and the linearity test using the f test. The results of the normality test on Self-Awareness show a significance value of 0.200> 0.05.The results of the normality test on the PPKn Subject Learning Outcomes show a significance value of 0.200> 0.05. Then, the Self-Awareness and Learning Outcomes of the PPKn Subjects show that the values are normally distributed. Furthermore, the linearity test obtained the regression equation = 21.042 + 0.777X. Researcher conducted a hypothesis test which was intended to find the meaning of the regression, in order to obtain F count> f table, namely 79.186> 3,913, this indicates that the regression obtained was meaningful. While the linearity test of F count <F table is 1.077 <1.592 thus it is linear regression.Then the results of data analysis using the product moment correlation, the results show 0.612> 0.169 which means there is a strong relationship between Self-Awareness and Learning Outcomes in the PPKn subject. Then for the results of the t test, the resulting tcount> ttable is 8.899> 1.978, meaning that there is a positive relationship between the variable Self-Awareness and Learning Outcomes in the PPKn subject.The amount of contribution of Self-Awareness to Learning Outcomes in the PPKn subject is known from the results of the coefficient of determination test. The results of the calculations that have been done obtained the coefficient of determination of 0.375. This means that self-awareness affects learning outcomes in PPKn subjects at 37.5% while the remaining 62.5% is influenced by other variables. The conclusion of this study there is a positive relationship between self-awareness and learning outcomes in class VIII PPKn subjects at SMPN 158 Jakarta. .Keyword: Self Awareness, Learning Outcomes, PPKn Subjects Yuli Nur Fauziah. Hubungan Kesadaran Diri Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIII di SMPN 158 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2020. Penelitian in bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara Kesadaran Diri dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Dalam pengambilan sampel menggunakan rumus Nomogram Harry King, dengan jumlah sampel sebanyak 134 responden yang merupakan siswa kelas VIII di SMPN 158 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-April 2020. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dengan menggunakan metode liliefors dan uji linearitas dengan uji f. Hasil uji normalitas pada Kesadaran Diri menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,200 > 0,05. Hasil uji normalitas pada Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,200 > 0,05. Dengan demikian pada Kesadaran Diri dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn menunjukkan nilai berdistribusi normal. Selanjutnya yaitu uji linearitas diperoleh persamaan regresi Y ̂ = 21,042 + 0,777X. Peneliti selanjutnya melakukan uji hipotesis yang dimaksudkan mencari keberartian regresi, sehingga diperoleh F hitung > f tabel yaitu 79,186> 3,913 hal ini menunjukkan bahwa regresi yang diperoleh keberartian. Sedangkan uji kelinieran F hitung < F tabel yaitu 1,077 < 1,592 dengan demikian bersifat regresi linier. Kemudian hasil analisis data menggunakan korelasi product moment hasilnya menunjukkan 0,612 > 0,169 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara Kesadaran Diri dengan Hasil Belajar pada mata pelajaran PPKn. Kemudian untuk hasil uji t dihasilkan thitung > ttabel yaitu 8,899 > 1,978 artinya terdapat hubungan yang positif antara Kesadaran Diri variabel dengan Hasil Belajar pada mata pelajaran PPKn. Besarnya kontribusi Kesadaran Diri dengan Hasil Belajar pada mata pelajaran PPKn diketahui dari hasil uji koefisien determinasi. Hasil perhitungan yang telah dilakukan didapatkan nilai Koefisien Determinasi sebesar 0,375. Hal ini berarti kesadaran diri mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran PPKn 37,5% sedangkan sisanya sebesar 62,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan penelitian ini terdapat Hubungan Postif antara Kesadaran Diri dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PPKn kelas VIII di SMPN 158 Jakarta. This study aims to obtain empirical data regarding relationship between Self-Awareness and Learning Outcomes in PPKn Subjects. This study use an ex-post facto method with a quantitative approach. In taking the sample using the Harry King Nomogram formula, with a total sample of 134 respondents who are class VIII students at SMPN 158 Jakarta. This research was conducted in January-April 2020. The analysis prerequisite test conducted was the normality test using the Liliefors method and the linearity test using the f test. The results of the normality test on Self-Awareness show a significance value of 0.200> 0.05.The results of the normality test on the PPKn Subject Learning Outcomes show a significance value of 0.200> 0.05. Then, the Self-Awareness and Learning Outcomes of the PPKn Subjects show that the values are normally distributed. Furthermore, the linearity test obtained the regression equation = 21.042 + 0.777X. Researcher conducted a hypothesis test which was intended to find the meaning of the regression, in order to obtain F count> f table, namely 79.186> 3,913, this indicates that the regression obtained was meaningful. While the linearity test of F count <F table is 1.077 <1.592 thus it is linear regression.Then the results of data analysis using the product moment correlation, the results show 0.612> 0.169 which means there is a strong relationship between Self-Awareness and Learning Outcomes in the PPKn subject. Then for the results of the t test, the resulting tcount> ttable is 8.899> 1.978, meaning that there is a positive relationship between the variable Self-Awareness and Learning Outcomes in the PPKn subject.The amount of contribution of Self-Awareness to Learning Outcomes in the PPKn subject is known from the results of the coefficient of determination test. The results of the calculations that have been done obtained the coefficient of determination of 0.375. This means that self-awareness affects learning outcomes in PPKn subjects at 37.5% while the remaining 62.5% is influenced by other variables. The conclusion of this study there is a positive relationship between self-awareness and learning outcomes in class VIII PPKn subjects at SMPN 158 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sarkadi, M. Si. ; 2). Drs. Suhadi, M. Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4348 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2020 20:09
Last Modified: 24 Aug 2020 20:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8575

Actions (login required)

View Item View Item