PENGELOLAAN PONDOK PESANTREN DALAM KONTEKS MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Daarul Rahman Jagakarsa Kota Jakarta Selatan)

AYU WULANDARI, . (2020) PENGELOLAAN PONDOK PESANTREN DALAM KONTEKS MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Daarul Rahman Jagakarsa Kota Jakarta Selatan). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (605kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (610kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menguraikan dan menganalisis pengelolaan pondok pesantren Daarul Rahman Jagakarsa Kota Jakarta Selatan dalam konteks Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Dipilihnya Ponpes Daarul Rahman sebagai tempat penelitian selain sebagai Ponpes tertua dan merupakan satu–satunya penyelenggara Satuan Pendidikan Muadalah berada di Jakarta. Penyelenggara Satuan Pendidikan Muadalah memiliki kekhasan tersendiri khususnya dalam penggunaan kurikulum. Pengembangan kurikulum pada Satuan Pendidikan Muadalah berdasarkan kekhasan masing-masing penyelenggara dengan berbasis pada kitab kuning dengan pola pendidikan mu’allimin (sistem pendidikan pesantren yang bersifat integratif dengan memadukan ilmu agama Islam dan ilmu umum). Satuan Pendidikan Muadalah menggabungkan tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) selama enam tahun secara berkesinambungan. Penelitian ini mengggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus tunggal. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa langkah penelitian dengan metode studi kasus yakni perencanaan penelitian, desain penelitian, persiapan penelitian, pengumpulan atau pengambilan data penelitian, analisis data penelitian, dan membuat laporan penelitian. Analisis penelitian dilakukan melalui penyandingan pola. Pengujian keabsahan data melalui triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1)pengelolaan SDM dilihat dari aspek seleksi, pengembangan, penempatan dan purna tugas dengan adanya partisipasi alumni lebih menggunakan prinsip kemandirian, kemitraan dan akuntabilitas; (2)pengelolaan peserta didik dalam hal penerimaan, evaluasi serta ikatan alumni yang turut membantu dalam penyelenggaran pendidikan Ponpes menerapkan prinsip MBS yakni kemitraan dan partisipasi dengan tetap adanya peran Kiai dalam pengambilan keputusan; (3)pengelolaan keuangan dilihat dari tiga sumber penerimaan telah menggunakan prinsip MBS yakni keterbukaan dan akuntabilitas dengan adanya peran dari kepala sekolah bersama Kiai sebagai penanggung jawab; dan (4)pengelolaan kurikulum dengan menggunakan dua sistem pendidikan Ponpes modern dan salafiyah juga menggunakan ke lima prinsip MBS yakni kemandirian, akuntabilitas, partisipasi, transparansi dan kemitraan. Kata kunci: Pengelolaan; Pondok Pesantren; Manajemen Berbasis Sekolah; Muadalah ABSTRACT This study describes and analyzes the management of the Daarul Rahman Jagakarsa Islamic boarding school in South Jakarta in the context of School Based Management (SBM). Daarul Rahman Islamic Boarding School was chosen as a place of research in addition to being the oldest Islamic Boarding School and was the only organizer of Muadalah Education Unit in Jakarta. The Muadalah Education Unit organizers have their own special characteristics, especially in the use of the curriculum. Curriculum development in Muadalah Education Unit is based on the uniqueness of each organizer based on the “KITAB KUNING” with the education pattern mu'allimin (pesantren education system which is integrative by combining Islamic religious knowledge and general science). Muadalah Education Unit combines the level of Madrasah Tsanawiyah (MTs) and Madarsah Aliyah (MA) for six years continuously. This study uses a qualitative research approach with a single case study method. This research data collection technique uses observation, interviews and documentation studies. The research procedure used in this study consists of several steps of research with case study methods namely research planning, research design, research preparation, collection or retrieval of research data, analysis of research data, and making research reports. Research analysis is done through pattern matching. Testing the validity of the data through triangulation of data sources and triangulation of techniques. The results showed: (1) HR management was seen from the aspects of selection, development, placement and retirement with the participation of alumni using the principles of independence, partnership and accountability; (2) the management of students in terms of acceptance, evaluation and alumni ties that help in organizing the education of the Islamic Boarding School apply the principles of SBM that is partnership and participation while maintaining the role of Kiai in decision making; (3) financial management can be seen from the three sources of revenue that have used the SBM principle, namely openness and accountability with the role of the principal and Kiai as the person in charge; and (4) curriculum management by using two modern Ponpes education systems and salafiyah also using the five principles of SBM, namely independence, accountability, participation, transparency and partnership. Keywords: Management; Islamic Boarding School; School Based Management; Muadalah

Item Type: Thesis (Doktor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 4325 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2020 14:12
Last Modified: 27 Aug 2020 14:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8719

Actions (login required)

View Item View Item