PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN SISWA KELAS V SDN KEDAUNG KALI ANGKE 06 JAKARTA BARAT MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI AKTIVITAS MENULIS TERBIMBING (SAMT)

ANNISA INDRIYANI, . (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN SISWA KELAS V SDN KEDAUNG KALI ANGKE 06 JAKARTA BARAT MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI AKTIVITAS MENULIS TERBIMBING (SAMT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ANNISA INDRIYANI 1815120071 PGSD FIP UNJ.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji tentang peningkatan keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman siswa kelas V SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat sebanyak 24 orang, terdiri dari 9 orang siswa dan 15 orang siswi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes uraian, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model tindakan yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart yang dimodifikasi oleh Suharsimi Arikunto. Adapun tahapan PTK berdasarkan model tersebut adalah tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman. Siklus I sebanyak 13 siswa mendapat nilai >75 dengan ketuntasan belajar sebesar 54%. Pada siklus II sejumlah 19 siswa memperoleh nilai >75 dengan ketuntasan belajar sebanyak 79%. Aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I mencapai 76% sementara aktivitas siswa mencapai 74%. Pada siklus II terjadi peningkatan baik dari aktivitas guru maupun siswa menjadi 86%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman siswa dapat meningkat melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd., ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Oct 2019 15:45
Last Modified: 30 Oct 2019 15:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item