ANNISA INDRIYANI, . (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN SISWA KELAS V SDN KEDAUNG KALI ANGKE 06 JAKARTA BARAT MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI AKTIVITAS MENULIS TERBIMBING (SAMT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
SKRIPSI ANNISA INDRIYANI 1815120071 PGSD FIP UNJ.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji tentang peningkatan keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman siswa kelas V SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat sebanyak 24 orang, terdiri dari 9 orang siswa dan 15 orang siswi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes uraian, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model tindakan yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart yang dimodifikasi oleh Suharsimi Arikunto. Adapun tahapan PTK berdasarkan model tersebut adalah tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman. Siklus I sebanyak 13 siswa mendapat nilai >75 dengan ketuntasan belajar sebesar 54%. Pada siklus II sejumlah 19 siswa memperoleh nilai >75 dengan ketuntasan belajar sebanyak 79%. Aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I mencapai 76% sementara aktivitas siswa mencapai 74%. Pada siklus II terjadi peningkatan baik dari aktivitas guru maupun siswa menjadi 86%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman siswa dapat meningkat melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT). ***** The aim of this Classroom Action Research (CAR) was to analyze the increasing of narrative writing skill based on students' experiences in 5th grade of SDN Kedaung Kali Angke 06 West Jakarta through a strategy of guided writing activity. The subject of this research were students of 5th grade around 24 students, which contain of 9 boys and 15 girls. The data collecting technique of this research is from essay test, observation, field note, and documentation. Whereas the technique of data analysis are descriptive qualitative and quantitative. The Kemmis and Taggart model that was modified by Suharsimi Arikunto is used as an action model. Based on that model, the steps along doing the CAR are planning, acting, observing, and reflecting. The result of this research has shown that the guided writing activity could increase the narrative writing skill based on students' experiences. In first cycle, 13 students got score more than 75 through the exhaustiveness learning by 54%. Otherwise, in second cycle 19 students got score more than 75 through the exhaustiveness learning attained 79%. Teacher activity during learning process in first cycle achieved to 76% and students activity gained 74%. In second cycle, the activity both teacher and students increased to 86%. Therefore, we can conclude that the narrative writing skill based on students’ experiences could increase through a strategy of guided writing activity
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd., ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 30 Oct 2019 15:45 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 03:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |