STRATEGI DAKWAH PERMANIS DALAM MENINGKATKAN MINAT BERKURBAN (Studi di Lingkungan Ketapang, Cipondoh, Tangerang)

DURRATUR RAMDHANI, . (2020) STRATEGI DAKWAH PERMANIS DALAM MENINGKATKAN MINAT BERKURBAN (Studi di Lingkungan Ketapang, Cipondoh, Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
08 BAB I.pdf

Download (833kB)
[img] Text
09 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text
10 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text
12 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (671kB)
[img] Text
LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh PERMANIS dalam upaya meningkatkan minat masyarakat untuk berkurban di Hari Raya Idul Adha. Teori yang digunakan adalah teori strategi dakwah yang dikemukakan oleh Hafidhudin dan teori strategi komunikasi oleh Cutlip dan Center. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pertama, Strategi dakwah PERMANIS menggunakan 2 metode utama yaitu, dakwah bil lisan dan dakwah bil hal sebagai tindak lanjut dari dakwah bil lisan. Kedua, Tahapan perencanaan strategi dakwah PERMANIS dalam upaya meningkatkan minat berkurban masyarakat melewati 3 tahapan yaitu, tahap pengumpulan fakta lapangan, tahap pendekatan kerohanian, dan tahap perumusan rancangan kurban. Ketiga, Proses pelaksanaan strategi dakwah PERMANIS dalam upaya meningkatkan minat berkurban masyarakat melalui 4 cara yaitu, sosialisasi rancangan tabungan qurban, membangun kepercayaan masyarakat, mengedepankan asas kebersamaan, dan membuat KAS kurban. This research aims to find out how the strategy used by PERMANIS in an effort to increase public interest in sacrificing on Eid al-Adha. The theory used is da’wah strategy theory proposed by Hafidhudin and communication strategy theory by Cutlip and Center. The methodology used in this research is a descriptive qualitative research method with primary and secondary data sources with data collection techniques through interviews, observation, and documentation. This study concluded that First, da’wah strategy of PERMANIS used 2 main methods namely, da’wah bil lisan and dak’wah bil hal as a follow-up of da’wah bil lisan. Second, the stages of planning PERMANIS strategy in an effort to increase public interest in sacrificing through 3 stages namely, the stage of field fact collection, the stage of the spiritual approach, and the stage of the sacrifice design. Third, the process of implementing PERMANIS da’wah strategy in an effort to increase public interest in sacrificing through 4 ways namely, the socialization of the design of sacrificial savings, building public trust, promoting the principle of togetherness, and making KAS sacrifice.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Zulkifli Lubis, MA ; 2). Rihlah Nur Aulia, S.Ag., MA
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 4812 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2020 16:25
Last Modified: 27 Aug 2020 16:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8817

Actions (login required)

View Item View Item