MODEL INTERAKSI STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENATAAN RAMBUT DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Tata Rias Universitas Negeri Jakarta)

ANIESA PUSPA ARUM, . (2020) MODEL INTERAKSI STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENATAAN RAMBUT DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Tata Rias Universitas Negeri Jakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. BAB I Aniesa_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB II Aniesa _watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III Aniesa_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV Aniesa _watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V Aniesa_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar pustaka_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) hasil belajar Penataan Rambut antara mahasiswa yang dibelajaran menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dan yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual, setelah mengontrol kemampuan awal; (2) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan spasial terhadap hasil belajar penataan rambut; (3) hasil belajar penataan rambut antara mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dan yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual, pada mahasiswa dengan kecerdasan spasial tinggi, setelah mengontrol kemampuan awal; (4) hasil belajar penataan rambut antara mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dan yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual, pada mahasiswa dengan kecerdasan spasial rendah, setelah mengontrol kemampuan awal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen, ANAKOVA by level 2x2. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) hipotesis I terbukti, yaitu hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran kontekstual; (2) hipotesis II terbukti, yaitu terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan spasial terhadap hasil belajar penataan rambut; (3) hipotesis III tidak terbukti, yaitu hasil belajar mahasiswa yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tidak lebih rendah dibandingkan dengan strategi pembelajaran kontekstual pada mahasiswa dengan kecerdasan spasial tinggi; dan (4) hipotesis IV terbukti, yaitu hasil belajar mahasiswa yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran kontekstual pada mahasiswa dengan kecerdasan spasial rendah. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat model interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan spasial terhadap hasil belajar penataan rambut setelah mengontrol kemampuan awal mahasiswa. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Kecerdasan Spasial, Hasil Belajar,Penataan Rambut *********************** ABSTRACT The purpose of this study is to analyze: (1) Hairstyle learning outcomes between students who are taught using cooperative learning strategies and those who are taught using contextual learning strategies, after controlling for initial abilities; (2) The effect of the interaction between learning strategies and spatial intelligence on hairstyle learning outcomes; (3) Hairstyle learning outcomes between students learned using cooperative learning strategies and those learned using contextual learning strategies, in students with high spatial intelligence, after controlling for initial abilities; (4) Hairstyle learning outcomes between students learned using cooperative learning strategies and those learned using contextual learning strategies, in students with low spatial intelligence, after controlling for initial abilities. This research uses a quantitative approach, with experimental research methods, ANAKOVA by level 2x2. The results showed that: (1) Hypothesis I is proven, namely student learning outcomes that are learned using cooperative learning strategies are higher than those of contextual learning strategies; (2) Hypothesis II is proven, namely there is an interaction between learning strategies and spatial intelligence on hairstyle learning outcomes; (3) Hypothesis III is not proven, that is the learning outcomes of students who use cooperative learning strategies are not lower than those of contextual learning strategies in students with high spatial intelligence; and (4) Hypothesis IV is proven, namely student learning outcomes using cooperative learning strategies are higher compared to contextual learning strategies in students with low spatial intelligence. Based on the results of the analysis it can be concluded that there is an interaction model between learning strategies and spatial intelligence on the learning outcomes of hair styling after controlling the students' initial abilities. Keywords: Learning Strategies, Spatial Intelligence, Learning Outcomes,Hair styling

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M. Pd. ; 2). Dr. Etin Solihatin, M. Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Aniesa Puspa Arum .
Date Deposited: 30 Aug 2020 21:19
Last Modified: 30 Aug 2020 21:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8823

Actions (login required)

View Item View Item