EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK DI MTS HIDAYATULLAH KOTA BEKASI

ANGGA DWI PUTRA, . (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK DI MTS HIDAYATULLAH KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan perilaku sopan santun peserta didik di MTs Hidayatullah Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam pengumpulan sebuah data peneliti menggunakan metode survei angket atau kuesioner peserta didik, wawancara guru mata pelajaran akidah akhlak, dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Adapun teknik dalam menganalisis data penulis bersifat induktif yang pola pengembangannya dari hal yang umum menjadi hal yang khusus. Dan penarikan kesimpulannya secara umum terkait dengan efektivitas pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan perilaku sopan santun peserta didik di MTs Hidayatullah Kota Bekasi. Hasil dalam penelitian Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Hidayatullah Kota Bekasi dapat disimpulkan sudah efektif dalam pembentukan Perilaku Sopan Santun Peserta Didik. Dilihat dari dua aspek keefektifan pembelajaran akidah akhlak yaitu aspek ketercapaian tujuan dalam pembelajaran dalam membentuk perilaku sopan santun dan aspek interaksi antara siswa dan guru. Dalam aspek ketercapaian tujuan pembelajaran, terdapat tiga tujuan dalam pembelajaran akidah akhlak diantaranya adalah mampu membentuk peserta didik berakhlak mulia terhadap Allah SWT, mampu membentuk peserta didik berakhlak mulia terhadap diri sendiri , dan mampu membentuk peserta didik berakhlak mulia terhadap lingkungan. Dari ketiga tujuan tersebut sudah terdapat kesesuaiaan antara tujuan pembelajaran akidah akhlak dengan realita perilaku sopan santun yang dilaksanakan di MTs Hidayatullah Kota Bekasi. Kemudian, aspek yang kedua adalah menghasilkan interaksi antara siswa dan guru yang baik dalam pembelajaran. Berdasarkan teori pembelajaran yang efektif terdapat lima indikator yang harus dilaksanakan. Pembelajaran akidah akhlak di MTs Hidayatullah Kota Bekasi sudah memenuhi lima indikator dalam pembelajaran diantaranya adalah melibatkan siswa secara aktif, menarik minat dan perhatian siswa, membangkitkan motivasi siswa, prinsip individualitas, dan menggunakan alat peraga dalam pengajaran. Kata kunci : Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Akidah Akhlak, Sopan Santun ******************************* ABSTRACT The purpose of this research is to analyse how the effectiveness of the study of the moral faith in the establishment of the manners of students in MTs Hidayatullah Bekasi city. This research uses qualitative methods of collecting a data researcher using the method of poll surveys or student questionnaires, interview teacher's subjects of morality, and documentation related to the research. The technique of analyzing author data is inductive which is the pattern of its development of the common thing being a special thing. And the conclusion is generally related to the effectiveness of the study of morality in the establishment of the behavior of students manners in MTs Hidayatullah Bekasi city. Results in the study of Effectiveness of Islamic studies in MTs Hidayatullah Bekasi City can be inferred already effective in shaping the manners of polite behaviour of students. Judging from the two aspects of the learning of morality is the achievement aspects of the purpose of learning in shaping the behavior of manners and aspects of interaction between students and teachers. In the aspect of learning objectives, there are three objectives in the study of the Islamic faith, among others, to establish a noble learners of the God Allah SWT, able to establish noble learners with respect to themselves, and able to form learners of noble morality to the environment. Of these three objectives there has been the appropriatness between the objectives of learning the character of morality with the reality behavior of manners conducted in MTs Hidayatullah Bekasi city. Then, the second aspect is to produce interactions between students and teachers who are good at learning. Based on effective learning theory, there are five indicators to be implemented. The study of the morality in MTs Hidayatullah Bekasi City has fulfilled five indicators in the learning of which is to engage the students actively, attracting interest and attention of students, stimulating the students, the principle of individuality, and the use of teaching aids. Keywords: Effectiveness of learning, learning of chastity, manners

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Izzatul Mardhiah, MA ; 2). Ahmad Hakam, S.S., MA
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Teologi Sosial
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4687 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2020 15:05
Last Modified: 29 Aug 2020 15:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8849

Actions (login required)

View Item View Item