HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MENGHADAPI TES DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KELAS X PEMASARAN DI SMK NEGERI 51 JAKARTA

ARIYANTO., . (2012) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MENGHADAPI TES DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KELAS X PEMASARAN DI SMK NEGERI 51 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ARIYANTO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecemasan menghadapi tes dengan prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran pada SMK Negeri 51 Jakarta dengan waktu penelitian selama 4 (empat) bulan terhitung mulai bulan Maret 2012 selesai bulan Juni 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 51 Jakarta, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X Pemasaran sebanyak 74 siswa. Sampel diambil sebanyak 62 siswa, yaitu diambil dari populasi terjangkau dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampel acak sederhana. Untuk mengukur data variable X (kecemasan menghadapi tes) menggunakan metode survey berbentuk skala likert. Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas untuk variabel X (kecemasan menghadapi tes), 35 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 4 butir pernyataan yang drop, yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 31 butir pernyataan. Perhitungan uji reliabilitas X (kecemasan menghadapi tes) menggunakan rumus Alpha Cronbach. Dari perhitungan hasil uji coba instrumen untuk variable X (kecemasan menghadapi tes) adalah 0,916 yang berarti tingkat reliabilitas instrument menunjukan angka yang tinggi, sedangkan data Y (prestasi belajar) diperoleh dari rata-rata nilai rapot semester I pada kelas X Pemasaran. Untuk uji persyaratan data seluruhnya dilakukan pada tingkat signifikansi (α) 0,05. Langkah pertama yang dilakukan adalah mencari persamaan regresi dan diperoleh Ŷ = 86,68 - 0,119X. Berdasarkan hasil perhitungan uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (24,17) > Ftabel (4,00) sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien regresi sangat berarti. Uji normalitas terhadap galat taksiran regresi Y atas X menghasilkan Lhitung sebesar 0,064 < Ltabel sebesar 0,112 yang berarti galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Sedangkan dari uji kelinieran regresi diperoleh Fhitung (1,16) < Ftabel (1,96) yang berarti bahwa model persamaan regresi adalah linier. Untuk koefisien korelasi Product Moment diperoleh hasil rxy = -0,536 kemudian untuk uji signifikansi koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t memperoleh thitung sebesar -4,92 dan ttabel sebesar - 1,67, karena thitung > ttabel berarti hipotesis penelitian ini diterima yaitu terdapat hubungan yang negatif antara kecemasan menghadapi tes dengan prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran pada SMK Negeri 51 Jakarta. Dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh KD sebesar 0,2872 yang berarti bahwa 28,72% variansi variable Y (prestasi belajar) ditentukan oleh variable X (kecemasan menghadapi tes). Dari penelitian variabel dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara kecemasan menghadapi tes dengan prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran pada SMK Negeri 51 Jakarta. Semakin rendah kecemasan menghadapi tes maka semakin tinggi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Nurahma Hajat, M.Si 2.) Dra. Rochyati
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 30 Oct 2019 16:16
Last Modified: 30 Oct 2019 16:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item View Item