ANNISA’UL CHASANAH W.R., . (2016) PENGARUH METODE PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIATERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN MATRAMAN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1.COVER.pdf Download (114kB) |
|
Text
2.halaman persetujuan.pdf Download (271kB) |
|
Text
3.ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (220kB) |
|
Text
6. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (186kB) |
|
Text
7.DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) |
|
Text
9. bab I.pdf Download (325kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (396kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (673kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (553kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Download (189kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (192kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Matraman Jakarta Timur sebanyak 42 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pretest posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes essay dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung= 1,90 dan ttabel=1,68 pada dk= 40 dan taraf signifikansi 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pendidikan matematika realistik Indonesia berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD. Hasil ini menunjukkan bahwa metode pendidikan matematika realistik Indonesia dapat dijadikan salah satu upaya dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu merancang metode yang bervariasi serta menggunakan media yang beragam dan sesuai dengan materi ajar untuk dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yurniwati, M.Pd ; 2). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd., |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 30 Oct 2019 16:26 |
Last Modified: | 30 Oct 2019 16:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/892 |
Actions (login required)
View Item |