PENGARUH METODE PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIATERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN MATRAMAN JAKARTA TIMUR

ANNISA’UL CHASANAH W.R., . (2016) PENGARUH METODE PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIATERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN MATRAMAN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
2.halaman persetujuan.pdf

Download (271kB)
[img] Text
3.ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
6. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (186kB)
[img] Text
7.DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
9. bab I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (396kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (673kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf

Download (553kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (192kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Matraman Jakarta Timur sebanyak 42 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pretest posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes essay dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung= 1,90 dan ttabel=1,68 pada dk= 40 dan taraf signifikansi 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pendidikan matematika realistik Indonesia berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD. Hasil ini menunjukkan bahwa metode pendidikan matematika realistik Indonesia dapat dijadikan salah satu upaya dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu merancang metode yang bervariasi serta menggunakan media yang beragam dan sesuai dengan materi ajar untuk dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M.Pd ; 2). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd.,
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2019 16:26
Last Modified: 30 Oct 2019 16:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item View Item