PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS SISWA KELAS X SMK NEGERI 13 JAKARTA

RICO TRI RAHMADI, . (2020) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS SISWA KELAS X SMK NEGERI 13 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK RICO TRI RAHMADI, 8105160343, Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Siswa Kelas X SMK Negeri 13 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi bisnis siswa kelas X SMK Negeri 13 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan terhitung mulai November 2019 sampai Februari 2020. Populasi dari penelitian ini sebanyak 252 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sehingga memperoleh sampel penelitian sebanyak 147 siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya menggunakan kuisioner dan diukur menggunakan skala likert. Teknik pengujian yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan hasil Y = 53,790 + 0,134X1 + 0,097X2 dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji f. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,097 > 1,97658. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,232 > 1,97658. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 33,833 > 3,06, koefisien korelasi (R) sebesar 0,565 yang berarti keeratan antar variabel cukup kuat dan koefisien determinasi sebesar 0,320 yang artinya 32% kedua variabel bebas mempengaruhi hasil belajar secara serentak dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian dengan variabel disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ini merupakan penelitian terbaru yang dilakukan di SMKN 13 Jakarta, diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan informasi dan referensi sebagai acuan dan pertimbangan pihak sekolah dalam hal meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran ekonomi bisnis. Kata kunci : disiplin belajar, lingkungan teman sebaya, hasil belajar ABSTRACT RICO TRI RAHMADI, 8105160343, The Effect of Learning Discipline and Peer Environment on the Learning Outcomes of Economic Subjects in Class X Students of SMK Negeri 13 Jakarta. Thesis, Jakarta: Faculty of Economics, 2020. This study aims to determine the effect of learning discipline and peer environment on learning outcomes of business economics subjects in class X SMK Negeri 13 Jakarta. This research was conducted for 3 months from November 2019 to February 2020. The population of this study was 252 students. The sampling technique used Proportional Random Sampling to obtain a sample of 147 students. The instrument used to obtain data on learning discipline and peer environment variables used a questionnaire and was measured using a Likert scale. The testing technique used is multiple linear regression with the results Y = 53,790 + 0,134X1 + 0,097X2 and hypothesis testing consisting of t test and f test. The results of this study are: (1) There is a positive and significant influence between learning disciplines on learning outcomes as indicated by tcount> ttable, which is 5,097> 1,97658. (2) There is a positive and significant influence between the peer environment on learning outcomes as indicated by the value of tcount> ttable which is 3,232> 1,97658. (3) There is a positive and significant influence between learning discipline and peer environment on learning outcomes as indicated by the value of Fcount> Ftable which is 33,833> 3,06, the correlation coefficient (R) of 0,565 which means that the closeness between variables is quite strong and the coefficient of determination is 0,320 which means 32% of the two independent variables influence learning outcomes simultaneously and the rest are influenced by other factors. Research with variables of study discipline and peer environment on learning outcomes is the latest research conducted at SMKN 13 Jakarta, it is hoped that this research can be used as information and reference material as a reference and consideration for schools in terms of improving learning outcomes, especially in business economics subjects. Keyword: learning discipline, peer environment, learning outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si ; 2). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 4158 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2020 20:51
Last Modified: 29 Aug 2020 20:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8920

Actions (login required)

View Item View Item