PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN BLENDED LEARNING BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) KELAS V SEKOLAH DASAR

OLIFIA ROMBOT, . (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN BLENDED LEARNING BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) KELAS V SEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu kesulitan dalam mempelajari bahasa kedua adalah dalam memahami isi teks bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan blended learning. Blended learning merupakan pembelajaran campuran antara tatap muka dan daring. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan di Sekolah Dasar. Populasi terdiri dari siswa kelas lima di sekolah internasional. Pembelajar BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) adalah warga negara asing yang tinggal di Indonesia dan belajar bahasa Indonesia. Siswa BIPA mengalami kesulitan memahami teks bacaan dan menafsirkan kata-kata. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan blended learning meningkatkan skor posttest dengan nilai rata-rata di atas KKM dan memberi kesempatan dan lebih banyak waktu bagi siswa untuk berulang kali membaca teks bacaan. Siswa dapat mempelajari materi terlebih dahulu sebelum belajar di kelas sehingga mereka memperoleh pengetahuan atau keterampilan membaca sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua juga sangat dipengaruhi oleh kematangan bahasa ibu, latar belakang kebangsaan, kemampuan kognitif, lingkungan tempat berkomunikasi dan pendampingan orang tua. Suasana pembelajaran di kelas lebih menyenangkan dan meningkatkan antusias siswa. Penelitian ini juga menunjukkan peningkatan karakter siswa tanggung jawab, disiplin, percaya diri dan gemar membaca. Kata Kunci: Blended Learning, Sekolah Dasar, Pemahaman Membaca, Bahasa Kedua. One difficulty in learning the second language is in understanding the contents of the reading text. This study aims to improve reading comprehension skills with blended learning. Blended learning is a combination of face-to-face and online learning. This research is research and development in elementary schools. The population consists of fifth grade students in international schools. BIPA Learners (Indonesian for Foreign Speakers) are foreign nationals who live in Indonesia and learn Indonesian. BIPA students have difficulty understanding reading texts and interpreting words. This study concludes that learning with blended learning increases posttest scores with an average value above the KKM and provides opportunities and more time for students to repeatedly read reading texts. Students can learn the material first before studying in class so that they gain knowledge or reading skills according to their abilities. Learning Indonesian as a second language is also strongly influenced by the maturity of the mother tongue, national background, cognitive abilities, the environment in which to communicate and the assistance of parents. The atmosphere of learning in the classroom is more fun and increases student enthusiasm. This study also showed an increase in the character of students' responsibility, discipline, confidence and fond of reading. Keywords: Blended Learning, Elementary School, Reading Comprehension, Second Language

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. Co-Promotor: Prof. Dr. M. Atwi Suparman, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 5148 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 13:09
Last Modified: 22 Aug 2022 05:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8967

Actions (login required)

View Item View Item