HAERANI, . (2020) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN TUNANETRA RAUDLATUL MAKFUFIN SERPONG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (689kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK HAERANI: Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Tunanetra Raudlatul Makfufin Serpong. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Juli 2020. Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh deskripsi tentang tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di Pesantren Tunanetra Raudlatul Makfufin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Pesantren Tunanetra Raudlatul Makfufin Serpong yang beralamat di kota Serpong, Tangerang Selatan. Penelitian dimulai pada 19 Januari 2020 sampai 9 Juni 2020. Adapun peserta didik terdiri dari anak laki-laki dan perempuan yang berusia 12 - 15 tahun dan dari domisili yang berbeda. Mereka adalah penyandang tunanetra. Semua guru bahasa Arab adalah lulusan dari universitas dan pondok pesantren. Dan juga seorang yang berkualifikasi di bidangnya dan dapat melatih peserta didik untuk belajar bahasa Arab. Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Pesantren Tunanetra Raudlatul Makfufin adalah untuk mempersiapkan generasi Islam yang mencintai bahasa Arab, memahami Al Qur’an dan Hadist Nabi. Adapun materi pembelajaran bahasa Arab yaitu buku dari penerbit Toha Putra. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu metode braille, metode audio lisan dan metode dikte. Dan media pembelajaran yang digunakan yaitu buku pelajaran, papan braille, pena braille dan laptop braille. Deskripsi pembelajaran bahasa Arab yang dihasilkan melalui pengamatan kegiatan belajar Peserta di dalam kelas terdiri dari kegiatan awal (pembukaan), kegiatan inti, dan penutup, Sedangkan evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan pengajar Pesantren Tunanetra Raudlatul Makfufin berbentuk latihan lisan. Hasil pembelajaran peserta didik baik. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang dialami baik oleh peserta didik maupun guru, diantaranya terbatasnya komunikasi antara peserta didik dan guru dan waktu pembelajaran yang singkat. ABSTRACT HAERANI: Arabic Language Learning at Pesantren Tunanetra Raudlatul Makfufin Serpong. Undergraduate Thesis. Jakarta: Arabic Language Education Program Faculty of Languages and Arts State University Jakarta. January 2020. This research is aimed to acquire a description about learning purpose, contents, methods, medias, activities, and evaluation Arabic language at Pesantren Tunanetra Raudlatul Makfufin Serpong. This research used descriptive qualitative methods and included in realistic ethnographic research with data collection techniques through field observations, interviews, and documentation. The research is held in Pesantren Tunanetra Raudlatul Makfufin in Serpong, South Tangerang from January, 19th until June, 9th 2020. The students consisted of boys and girls aged 12-115 years and from different domiciles. They are blind students. All Arabic teachers are graduated from universities and pesantren. They are qualified and have experiences in Arabic learning. The purpose of learning Arabic at Pesantren Tunanetra Raudlatul Makfufin Serpong is to prepare a generation of Muslims who love Arabic, understand the Qur'an and the Hadith. And for learning material used books from Toha Putra publishers. The methods used in Arabic learning are Braille Method, Oral Audio Method and Dictation Method. They used learning books, braille board, braille pen and braille laptop as learning medias. The description of learning generated through observation in the classroom consists of three activities: opening, main activities and closing. And the evaluation is oral evaluation. The learning outcomes are good. But there are still some obstacles experienced by the teacher or student, the limited communication and the short learning time.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muhammad Kamal, M.A ; 2). Ahmad Murodi, M.A |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 4612 not found. |
Date Deposited: | 29 Aug 2020 22:51 |
Last Modified: | 29 Aug 2020 22:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8979 |
Actions (login required)
View Item |