MUHAMMAD RAHMAT RAMADHANI, . (2020) PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM KELUARGA MENURUT HAMKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (584kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
Abstract
Degradasi moral yang terjadi pada masyarakat dewasa ini, terjadi karena rapuhnya nilai akhlak pada setiap individu. Keluarga dalam hal ini mempunyai peran yang utama dalam membina akhlak masyarakat. Hamka adalah salah satu tokoh yang membahas tentang pentingnya pendidikan dan akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak untuk anak didalam keluarga mengacu kepada tiga periode perkembangan anak menurut pemikiran Hamka. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian studi tokoh dengan menggunakan kaidah penelitian kualitatif. Sehingga pendekatannya adalah studi kepustakaan dengan mengumpulkan bacaan-bacaan yang relevan terhadap tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan anak dalam keluarga menurut Hamka melalui tiga periode yaitu (1) periode pra konsepsi, memilih pasangan hidup baik agamanya dan berpendidikan, membangun hubungan yang harmonis antara suami dan isteri serta penguatan peran ibu sebagai pendidik utama, (2) periode pra kelahiran dengan memberikan makanan yang halal dan menyehatkan bagi calon ibu dan (3) periode pasca kelahiran adalah mendidik anak dengan menanamkan nilai-nilai akhlak mulia, kesederhanaan, keberanian dan demokratis. Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Anak, Keluarga, Hamka ************************* The moral degradation that occurs in society today is due to the fragility moral value in every individual. The family in this regard has a primary role in building community morality. Hamka is one of the scholar who discuss the importance of education and morality. The purpose of this research is to know the concept of moral education for children in the family refers to the three periods of development of children according to Hamka's thoughts.This study used the study methodology of the figure by using qualitative research rules. So the approach was a literature study by collecting relevant readings refer to the topic.The results derived from this research that the concept of children's education in the family according to Hamka through three periods of (1)preconception period, choosing a good in spirituality and educated partner of life, establishing a harmonious relationship between husband and wife and strengthening the role of mothers as primary educators, (2) pre-birth period by providing halal and healthy food for expectant mothers and (3) postnatal period is educating children by embedding noble values , simplicity, courage and democratic
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Izzatul Mardhiah, MA. ; 2). Drs. Yusuf Ismail, MA.Hum. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 4747 not found. |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 15:30 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 15:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9043 |
Actions (login required)
View Item |