PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA, DAGANG, DAN MANUFAKTUR DI SMK NEGERI 50 JAKARTA

ALDO YOGA PRADANA, . (2020) PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA, DAGANG, DAN MANUFAKTUR DI SMK NEGERI 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ALDO YOGA PRADANA. “Pengaruh Penggunaan Gawai dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII Akuntansi pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur di SMK Negeri 50 Jakarta”. Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gawai (X1) dan kecerdasan emosional (X2) terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas XII Akuntansi pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung dari bulan Maret hingga Mei 2020. Populasi pada penelitian ini sebanyak 107 siswa kelas XII Akuntansi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sehingga didapatkan sampel sebanya 84 siswa. Data hasil belajar (Y), penggunaan gawai (X1), dan kecerdasan emosional (X2) diperoleh melalui dokumentasi dan kuesioner. Uji persyaratan analisis dilakukan, data dinyatakan berdistribusi normal dan linear. Berdasarkan analisis penelitian, secara parsial terdapat pengaruh negatif signifikan pada variabel penggunaan gawai (thitung1 = -2,216) dan terdapat pengaruh positif signifikan pada variabel kecerdasan emosional (thitung2 = 2,227) terhadap hasil belajar dengan ttabel masing-masing 1,98969. Sedangkan secara bersama-sama diperoleh hasil Fhitung sebesar (4,702) > Ftabel sebesar (3,11) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan gawai dan kecedasan emosional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi parsial masing-masing sebesar -0,222 dan 0,223 serta koefisien korelasi ganda sebesar 0,323 juga koefisien determinasi sebesar 10,4%. Penelitian ini mengemukakan bahwa hasil belajar siswa kelas XII Akuntansi pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur di SMK Negeri 50 Jakarta dipengaruhi oleh penggunaan gawai dan kecerdasan emosional dengan pengaruh 10,4% sedangkan 89,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata kunci: penggunaan gawai, kecerdasan emosional, hasil belajar ALDO YOGA PRADANA. "The Effect of The Use of Gadget and Emotional Intelligence on Students' Learning Outcomes of Grade XII Accounting on The Subject of Accounting Practicum for Service, Merchandising, and Manufacturing Companies in State Vocational High School 50 Jakarta". Thesis, Jakarta. Economic Education Study Program. State University of Jakarta. 2020 This study aims to find out the effect of the use of gadgets (X1) and emotional intelligence (X2) on learning outcomes (Y) of class XII Accounting students in the subjects of Practicum Accounting for Service, Trade, and Manufacturing Companies. This research was conducted for three months from March to May 2020. The population in this study was 107 students of class XII Accounting. The sampling technique used proportional stratified random sampling technique to obtain a sample of 84 students. Learning outcome data (Y), the use of gadget (X1), and emotional intelligence (X2) were obtained through documentation and questionnaires. Test requirements analysis is carried out, data are expressed as normal and linear distribution. Based on the research analysis, partially there is a significant negative effect on the gadget usage variable (tcount1 = -2,216) and there is a significant positive effect on the emotional intelligence variable (tcount2 = 2,227) on learning outcomes with each ttable 1.98969. While simultaneously the results of Fcount is (4.702)> Ftable is (3.11) so that it can be concluded as simultaneously the use of gadgets and emotional intelligence have a significant effect on learning outcomes with partial coefficients is -0.222 and 0.223 for each variable, simultaneous coefficient is 0.323 also a coefficient of determination is 10.4%. This study found that the students’ learning outcomes of class XII Accounting in the subjects of Practicum Accounting for Service, Trade, and Manufacturing Companies in SMK Negeri 50 Jakarta influenced by the use of gadgets and emotional intelligence by 10.4%, while 89.6% influenced other factors that not researched by researcher. Keywords: the use of gadget, emotional intelligence, learning outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak. ; 2). Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 4730 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 16:13
Last Modified: 19 Aug 2022 01:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9069

Actions (login required)

View Item View Item