PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 40 JAKARTA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS

AMALIA DHIAZ FADHIRA, . (2020) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 40 JAKARTA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (898kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 40 Jakarta pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis. Penelitian dilakukan dari Maret hingga Mei 2020 dengan populasi 140 siswa, 104 siswa sebagai sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen untuk memeroleh data variabel persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan variabel fasilitas belajar yaitu melalui kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan mulai dari uji persyaratan analisis hingga uji hipotesis. Penelitian ini menunjukan hasil uji analisis regresi berganda Ẏ = 74,633 + 0,040X1 + 0,054X2. Dengan menggunakan uji hipotesis t dan F, hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 2,644 > nilai t tabel sebesar 1,98. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 2,245 > nilai t tabel sebesar 1,98. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukan dengan nilai F hitung yang lebih besar dari nilai F tabel yaitu 25,421 > 3,09. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 0,335 hal ini menunjukan bahwa pengaruh yang ditimbulkan persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar secara simultan sebesar 33,5%. This study aims to determine the effect of students' perceptions regarding teacher teaching skills and learning facilities on student’s learning outcomes on X Grade SMK Negeri 40 Jakarta in Business Economics subject. The research was conducted from March to May 2020 with 140 student population, 104 samples, and proportional random sampling technique. The instrument used on gathering research data were questionnaires on Likert scale. Data analysis techniques used from analysis requirements test to hypothesis test. As a result, multiple regression analysis test Ẏ = 74.633 + 0,040X1 + 0,054X2. By used hypothesis t test and F test, results of this research were: (1) There was a positive and significant influence between students’ perceptions regarding teacher teaching skills on learning outcomes. This was indicated by the value of t count was 2,644 > value of t table was 1,98. (2) There was a positive and significant influence between learning facilities on learning outcomes. This was indicated by the value of t count was 2,245 > value of t table was 1,98. (3) There was simultaneously positive and significant effect between students’ perception regarding teacher teaching skills and learning facilities on students’ learning outcome. This was indicated by the value of F count was 25,421 > value of F table was 3,09. The value of coefficient determination on this research was 0,335 or 33,5%. These results showed that the influence of students’ perceptions regarding teacher teaching skills and learning facilities simultaneously affect students’ learning outcomes by 33,5% and the rest was influenced by other factors not examined in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si ; 2). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 4879 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2020 21:11
Last Modified: 03 Sep 2020 21:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9074

Actions (login required)

View Item View Item