SITI RAMADHANTY, . (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (526kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Saat ini masyarakat dilanda kebosanan karena efek dari wabah pandemi Corona yang mengakibatkan semua kegiatan harus dilakukan di rumah. Sehingga masyarakat mulai mengalihkan kejenuhannya dengan mencari sumber bacaan digital dengan mengunduh layanan digital Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas). Hasilnya para pengunduh layanan iPusnas melonjak tajam sampai 130 persen setiap pekannya dimasa karantina Covid-19. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Okezone, ada 5 buku yang disukai oleh kaum millenials, novel menduduki urutan pertama buku yang paling diminati, kemudian diikuti komik, sastra, dan buku puisi. Dari data tersebut terbukti bahwa pada masa pandemi ini minat baca masyarakat mulai meningkat dan novel dapat dijadikan sarana paling tepat dalam menyampaikan nilai-nilai positif terutama pada nilai-nilai pendidikan dikalangan remaja. Novel yang di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan salah satunya yaitu novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Dan novel ini diharapkan mampu mempengaruhi perasaan para pembacanya untuk mengambil pelajaran dari setiap pesan-pesan yang disampaikan oleh penulisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis nilai-nilai pendidikan yang ada dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan didaktis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi melalui studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada novel Ranah 3 Warna adalah: 1) Nilai Pendidikan Religius, yang meliputi: berdo’a, tawakal, ibadah, bersyukur, ikhlas, dan sabar. 2) Nilai Pendidikan Moral, yang meliputi: berbakti kepada orang tua, rajin belajar, tanggung jawab, disiplin, optimis, kerja keras, jujur, dan berprasangka baik. 3) Nilai Pendidikan Sosial, yang meliputi: tolong menolong, persahabatan, dermawan, dan musyawarah. 4) Nilai Pendidikan Budaya, yang meliputi: budaya makan dan budaya politik. Dari nilai pendidikan tersebut dapat mempunyai kesesuaian dalam mengembangkan sikap keberagamaan seseorang, yaitu terletak pada penghayatan dari nilai-nilai itu sendiri, sehingga dengan adanya nilai tersebut pembaca dan generasi muda saat ini akan mampu berpikir dan bertindak sesuai dengan aturan-aturan yang ada. Currently people are beset by boredom due to the effects of the Corona pandemic outbreak which resulted in all activities having to be done at home. So the community began to shift its saturation by looking for digital reading sources by downloading the digital services of the National Library of Indonesia (Perpusnas). As a result, iPusnas service downloaders jumped sharply by 130 percent every week during the Covid-19 quarantine period. Based on a survey conducted by Okezone, there are 5 books favored by millenials, novels ranked first the most in demand books, followed by comics, literature, and poetry books. From the data, it is proven that during this pandemic, people's reading interest began to increase and novels can be used as the most appropriate means of conveying positive values, especially on educational values among adolescents. The novel in which there are educational values is the novel Ranah 3 Warna by Ahmad Fuadi. And the novel is expected to influence the feelings of its readers to take lessons from every message conveyed by its author. This research aims to know and analyse the educational values that are in the novel Ranah 3 Warna by Ahmad Fuadi. This type of research uses literature research. The research method used is a qualitative descriptive method with the didactic approach. The data collection techniques used are documentation techniques through library studies. The data analysis technique used is the content analysis. The results showed that the educational values found in the novel Ranah 3 Warna domain are: 1) Religious education value, which includes: Prayer, Tawakal, worship, grateful, sincere, and patient. 2) Moral education value, which includes: Devoted to parents, diligent study, responsibility, discipline, optimism, hard work, honest, and prejudiced good. 3) Social education value, which includes: Helping each other, friendship, generous, and deliberation. 4) Cultural education value, which includes: A culture of eating and political culture. From the value of the education can have the conformity in developing the attitude of the person who lies in the passion of the values themselves. So that with this value, the readers and the young generation today will be able to think and act according to the rules that exist.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rudi Muhamad Barnansyah, M.Pd.I. ; 2). Dr. Izzatul Mardhiah, MA |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 4797 not found. |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 15:17 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 15:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9079 |
Actions (login required)
View Item |