PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MONOPOLI AKUNTANSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAPJDM KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 2 TANGERANG

USWATUN NISWAH, . (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MONOPOLI AKUNTANSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAPJDM KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 2 TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournamnet (TGT) dengan menggunakan media Monopoli Akuntansi terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan data yang jelas dan valid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 dan 2 dengan jumlah keseluruhan 80 siswa. Untuk menjaring data variabel digunakan instrumen kuesioner motivasi belajar siswa. Perhitungan validitas butir pernyataan menggunakan rumus product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson (K-R. 20). Teknik analisis data ini dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, Kemudian uji hipotesis digunakan dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian persyaratan analisis menyatakan bahwa pada uji normalitas kedua kelas berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data varians adalah homogen. Pengujian hipotesis menggunakan SPSS V.26 menunjukkan bahwa diperoleh p value sebesar 0,017 dengan signifikansi sebesar 0,05. Dengan demikian, p value < ttabel (0,017<0,05) artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dengan menggunakan media monopoli akuntansi pada mata pelajaran PAPJDM kelas XI akuntansi SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang. Berdasarkan hasil uji model team games tournament menggunakan media monopoli ini dapat disimpulkan semakin menarik suatu model pembelajaran disertai media sederhana dan praktis penggunaannya sehingga siswa mudah mengaplikasikan materi yang sudah dijelaskan guru sebelumnya kedalam permainan akademik. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament,Motivasi Belajar This study aims to discover the influences of Cooperative Learning Model Team Games Tournament (tgt) Type Using Accounting Monopoly to Learning Motivation based clear and valid data. The method used is an experimental method. Reasearch subject were 80 students at XI Accounting 1 and 2 class. To get data from variable used questionnaire instrument in the form of a statement for student motivation. The validity of the instrument using the formula product moment and reliability of the instrument using Kuder Richardson 20 (k-e. 20). Techniques of data analysis was carried out test for normality by using Liliefors test and homogeneity testing using F-testand then the test hypothesis used the differencess using t-test, the result of the testing requirements of the analysis states that the test for normally both classes are normality distributed. Homogeneity of variances test result of the data is homogeneous. Hypothesis testing showed that the obtained p value of 0,017 and for significant is 0,05 . Therefore p value missing than significancy meaning that p value < significant (0,017 >0,05) Ho Refused and Ha accepted. This means there is a significant effect in the use of the cooperative learning Team Games Tournament Model using accounting monopoly to learning outcomes accounting trade practium students in SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang Based on the test result of the team games tournament model using this monopoly media, it can be concluded that the more interesting a learning model accompanied by simple media is also not convoluted in its use so that students easily apply the material previously explained by the teacher into the academic game Keywords : Cooperative learning model Team Games Tournament (TGT),Learning Motivation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak ; 2). Dra. Sri Zulaihati, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 4408 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 16:50
Last Modified: 31 Aug 2020 16:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9081

Actions (login required)

View Item View Item