JIHAN AYU SYAFIRA, . (2020) PENGARUH MINAT BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR DASAR PERBANKAN SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI WILAYAH JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (942kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (444kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
JIHAN AYU SYAFIRA. Pengaruh Minat Belajar, Kesiapan Belajar, dan Lingkungan keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Dasar Perbankan Siswa Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri Wilayah Jakarta Barat. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar, kesiapan belajar, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar dasar perbankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini sebayak 180 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling sehingga diperoleh sampel sebayak 125 siswa. Instrumen yang di gunakan untuk memperoleh data variabel bebas menggunakan kuisioner dan di ukur dengan skala likert. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Hasil penelitian disimpulkan secara parsial yaitu (th1: 2,74, th2: 2,052, th3: 2,179) masing masing lebih besar dari ttabel 1,9797 yang berarti hipotesis Ho ditolak. Sedangkan secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 6,965 >2,68 dapat disimpulkan bahwa minat belajar, kesiapan belajar, dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Diperoleh nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,377 dan diketahui besar koefisien determinasi 14,7%. Kesimpulan yang dapat di ambil peneliti adalah bahwa minat belajar, kesiapan belajar, dan lingkungan keluarga merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Oleh karena itu untuk mencapai hasil belajar yang maksimal para siswa harus meningkatkan rasa suka, serta perhatian yang lebih terhadap pembelajaran. Siswa juga harus mempersiapan diri baik dalam kesiapan fisik dan kesiapan psikis sebelum memulai proses pembelajaran. Dan di harapkan juga agar orang tua dan guru dapat membimbing para peserta didik dan memberikan perhatian yang lebih agar dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Kata kunci: minat belajar, kesiapan belajar, lingkungan keluarga, hasil belajar JIHAN AYU SYAFIRA. The Effect Of interest in learning, Learning Readines, And family environment On Learning Outcomes the basics of banking Class X Accounting Students in SMK Negeri West Jakarta Region. Thesis, Jakarta: Faculty of Economi, Jakarta State University. 2020. This study aims to determine the effect of interest in learning, study readiness, and family environment on learning outcomes in basic banking basic subjects. The method used in this research is a survey method with a quantitative approach. The population of this study was 180 students. The sampling technique used proportional random sampling in order to obtain a sample of 125 students. The instrument used to obtain independent variable data used a questionnaire and was measured with a Likert scale. The data used in this study are secondary data and primary data. The results of the study concluded that partially (th1: 2.74, th2: 2.052, th3: 2.179) each was greater than t table 1.9797, which means that the Ho hypothesis is rejected. While simultaneously the value of Fcount > Ftable is obtained, namely 6.965 > 2.68, it can be concluded that interest in learning, learning readiness, and family environment have a positive and significant effect on learning outcomes. Obtained the value of multiple correlation coefficient of 0.377 and the coefficient of determination is known to be 14.7%. The conclusion that the researcher can take is that interest in learning, learning readiness, and the family environment are factors that affect learning outcomes. Therefore, to achieve maximum learning outcomes students must increase their liking, and pay more attention to learning. Students must also prepare themselves both in physical readiness and psychological readiness before starting the learning process. And it is also hoped that parents and teachers can guide students and pay more attention in order to achieve maximum learning outcomes. Keywords: interest learning, learning readiness, family environment, learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dra. Sri Zulaihati, M.Si ; 2. Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 4405 not found. |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 13:06 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 07:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9110 |
Actions (login required)
View Item |