PENGARUH MEDIA PAPAN TANGAN TERHADAP PENGETAHUAN SISWA DALAM PELAJARAN KATA GANTI BAHASA ARAB KELAS VIII SMP ISLAM PB. SOEDIRMAN

NINDA ULWIYATUN NAJAH, . (2020) PENGARUH MEDIA PAPAN TANGAN TERHADAP PENGETAHUAN SISWA DALAM PELAJARAN KATA GANTI BAHASA ARAB KELAS VIII SMP ISLAM PB. SOEDIRMAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (821kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK NINDA ULWIYATUN NAJAH, Pengaruh Media Pembelajaran Papan Tangan Terhadap Pengetahuan Siswa dalam Pelajaran Kata Ganti Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP Islam PB. Soedirman Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam PB. Soedirman Jakarta pada semester 1 tahun Ajaran 2019-2020, yang dimulai pada bulan Oktober – November 2019 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran papan tangan dalam pelajaran Kata Ganti Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP Islam PB. Soedirman Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan sampelnya adalah siswa kelas 2 SMP Islam PB. Soedirman Jakarta, sejumlah 48 siswa terdiri dari 24 siswa kelas eksperimen dan 24 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara porposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikansi = 0,05. Setelah dilakukan penelitian, maka peneliti telah menemukan pengaruh yang positif terhadap materi pelajaran Kata Ganti Bahasa Arab siswa SMP Islam PB. Soedirman Jakarta dengan menggunakan media papan tangan. Kesimpulan ini berdasarkan hasil data sebagai berikut: Hasil uji-t diperoleh setelah uji validitas dan uji homogenitas. Uji homogenitas dengan hasil pengelompokkan X-Y mempunyai variasi yang homogenitas X2 hitung (27) < X2 tabel (62,83). Uji normalitas yang memiliki data berdistribusi normal dengan hasil L hitung (0,152) < L tabel (0,181). Setelah dilakukan tes maka nilai T hitung yang diperoleh dari 0,05 adalah (11,8), sedangkan nilai T tabel (2,013) untuk derajat kebebasan (dk=46) karena T hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga T tabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Berdasarkan data di atas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif media pembelajaran papan tangan terhadap pengetahuan siswa dalam pelajaran Kata Ganti Bahasa Arab siswa SMP Islam PB. Soedirman Jakarta dan menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam mempelajari Kata Ganti Bahasa Arab di SMP Islam PB. Soedirman Jakarta. ABSTRACT NINDA ULWIYATUN NAJAH, “The effect of Hand Board Learning Media on Students’ Knowledge of Dhomair Arabic Lesson Grade VIII at SMP Islam PB. Soedirman Jakarta”. Skirpsi. Jakarta: Arabic Language Education Study Program, Faculty of Language and Art. State University of Jakarta, 2020. The research was carried out at the SMP Islam PB. Soedirman Jakarta on a 1st semester school year 2019-2020, in Oktober – November 2019. The purpose of this study is to know the effect of Hand Board Learning Media on Students’ Knowledge of Dhomair Arabic Lesson Grade VIII at SMP Islam PB. Soedirman Jakarta. The proposed method designed experiments which used grade VIII of SMP Islam PB. Soedirman Jakarta. The proposed method designed experiments which used grade VIII of bilingual class. This experiment divided 48 students into 2 class of variables: 24 independents and 24 dependents. The sampling was performed with purposive techniques, and pick samples in accordance with requirements. The research instrument used were pre-test and post-test. Data analysis techniques used in this study were descriptive techniques and validity. The hypothesis testing 0,05 of significance level. The result found a positive effect on Students’ Knowledge of Dhomair Arabic Lesson using Hand Board Learning Media. The conclusion is based on the t-test result from validity and homogenity tests. The homogenity test from the results of grouping X an Y has a homogeneous variant, namely X2 count (27) < X2 table (62,83). The normality test has data that are normally distributed with the result of L-count (0,152) < L-table (0,181). After the test, the result of the T-count obtained from 0,05 are (11,8) with the T-table value (2,013) for the degree of freedom (dk=46). Based on calculations, the calculated T-count is greater than T-table, the null hypothesis (H0) is rejected and the research hypothesis (H1) is accepted. Based on the data above, there is a positive effect of Hand Board Learning Media on Students’ Knowledge of Dhomair Arabic Lesson Grade VIII at SMP Islam PB. Soedirman Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Nuruddin, M.A. 2) Dr. Fatwa Arifah, MA.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 4481 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2020 14:49
Last Modified: 01 Sep 2020 14:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9160

Actions (login required)

View Item View Item