PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK ISLAM PB SOEDIRMAN 2 JAKARTA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS

MUHAMAD ZIKRI SANDY, . (2020) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK ISLAM PB SOEDIRMAN 2 JAKARTA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK MUHAMAD ZIKRI SANDY, 8105161100, Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Islam PB Soedirman 2 Jakarta Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis. Skrispi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Islam PB Soedirman 2 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan yaitu mulai Februari 2020 sampai Maret 2020. Populasi dari penelitian ini sebanyak 98 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan menggunakan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel disiplin belajar dan lingkungan keluarga menggunakan kuisioner. Teknik Pengujian yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan hasil Y = 82,569 + 0.22X1 + 0.21X2 dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan f. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar yang dilihat dengan nilai thitung > ttabel (2.473 > 1,98525). (2) Terdapat pengaruh positif dengan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar yang dilihat dengan nilai thitung > ttabel (2.710 > 1.98525). (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (3.108 > 3.09), koefisien korelasi (R) sebesar 0.151 yang berarti keeratan antar variabel cukup kuat dan koefisien determinasi sebesar 0.023 yang artinya 2.3% kedua variabel bebas mempengaruhi hasil belajar secara serentak dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menggunakan variabel disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Islam PB. Soedirman 2 Jakarta pada mata pelajaran ekonomi bisnis. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan referensi sebagai acuan dan pertimbangan pihak sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran ekonomi bisnis. Kata Kunci : disiplin belajar, lingkungan keluarga, hasil belajar ABSTRACT MUHAMAD ZIKRI SANDY, 8105161100, The Influence of Learning Discipline and Family Environment to Learning Outcomes of Grade X Students of PB Soedirman 2 Jakarta Islamic Vocational School on Business Economic Subject. Skrispi, Jakarta: Faculty of Economics, 2020. This study aims to determine the influence of learning discipline and family environment to learning outcomes of grade X students of PB Soedirman 2 Jakarta Islamic Vocational School on business economic subject. This research was conducted for 2 months, from February 2020 to March 2020. The population of this study was 98 students. The sampling technique is nonprobability sampling using saturated samples. The instrument used to obtain data on learning discipline and family environment variables are questionnaires. The testing technique used is multiple linear regression with the results of Y = 82.569 + 0.22X1 + 0.21X2 and hypothesis testing consisting of t and f tests. The results of this study are: (1) There is a positive and significant influence between learning disciplines on learning outcomes seen with values tcount> ttable (2.473> 1,98525). (2) There is a significant positive influence between the family environment on learning outcomes seen by tcount> ttable (2,710> 1,98525). (3) There is a positive and significant influence between learning discipline and family environment on learning outcomes as indicated by the value of Fcount> Ftable (3.108> 3.09), the correlation coefficient (R) of 0.151 which means that the closeness between variables is quite strong and the coefficient of determination is 0.023 which it means 2.3% of the two independent variables affect learning outcomes simultaneously and the rest are influenced by other factors. This study uses learning discipline and family environment variables towards the learning outcomes of grade X students of PB. Sudirman 2 Jakarta Islamic Vocational School on business economic subject. It is hoped that this research can give informations and become a reference and consideration for schools in order to improve students’ learning outcomes, especially in business economic subject. Keywords: learning discipline, family environment, learning outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, S.Pd. M.Si ; 2). Achmad Fauzi, S.Pd. M.Ak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 4844 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 17:28
Last Modified: 02 Sep 2020 17:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9178

Actions (login required)

View Item View Item