PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 24 JAKARTA TIMUR

DIMAS FARHAN, . (2020) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 24 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.PDF.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.PDF.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB 2.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf

Download (739kB)
[img] Text
LAMPIRAN.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dimas Farhan, Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab pada Siswa MTs Negeri 24 Jakarta Timur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta Agustus 2020. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 24 Jakarta Timur pada semester II Tahun Ajaran 2019-2020, yang dimulai pada tanggal 3-6 Februari 2020 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada siswa MTs Negeri 24 Jakarta Timur. Pada penelitian ini, peneliti memilih pendekatan kuantitatif dan metode penelitian korelasi. Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 24 Jakarta Timur, dan sampelnya adalah perwakilan masing-masing tiap kelas sebanyak 14 siswa dengan rincian 7 siswa yang berasal dari SD dan 7 siswa yang berasal dari MI. Siswa yang berasal dari SD merupakan kelas eksperimen terdiri dari 35 siswa dan siswa yang berasal dari MI merupakan kelas control terdiri dari 35 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang dibutuhkan. Instrumen yang digunakan adalah penilaian latihan soal yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan yaitu uji t pada derajat kepercayaan 0,05 maka diperoleh data homogen. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Normalitas memiliki data berdistribusi normal dengan hasil kelas eksperimen Lhitung = 0,123 < Ltabel =0,150 dan pada kelas kontrol Lhitung = 0,146 < Ltabel =0,150. Berdasarkan hasil uji homogenitas dengan uji Bartlet diperoleh X2hitung = 1,155 < X2tabel =88,25 dengan derajat kepercayaan 0,05 maka diperoleh data tersebut homogen. Setelah dilakukan perhitungan maka nilai t hitung yang diperoleh dari derajat kepercayaan 0,05 adalah 3 sedangkan nilai t tabel adalah 1,667 untuk derajat kebebasan (dk=68) karena t hitung diperoleh lebih kecil dari nilai t tabel maka hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Artinya terdapat pengaruh latar belakang pendidikan terhadap hasil belajar Nahasa Arab siswa MTs Negeri 24 Jakarta Timur. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap siswa yang berasal dari MI hasil belajar Bahasa Arab mereka dibandingkan dengan dengan siswa yang berasal dari SD..Karena mereka lebih mudah memahami materi pelajaran Bahasa Arab. Untuk itu, guru sebaiknya memilih metode yang sesuai dengan materi pelajaran sehingga membuat siswa yang berasal dari SD dapat memahami pelajaran Bahasa Arab denga mudah. Abstract Dimas Farhan, The influence of Educational Background on Learning Outcomes of Arabic Language at State Islamic Junior High School students of 24 East Jakarta. Mini Thesis. Arabic Language Education Language and Arts Faculty of State University of Jakarta August 2020. This research was carried out in State Islamic Junior High School Students of 24 East Jakarta in the second year 2019-2020, which stated from on 3-6 February 2020 with the purpose to know the influence of educational backgrounds on Arabic learning outcomes for students at State Islamic Junior High School 24 East Jakarta. This researcher used a quantitative research approach and a correlation research. With Population 7th grade class of State Islamic Junior High School students of 24 East Jakarta, and for sample was representative of each class of 14 students with details of 7 students from elementary school and 7 students from Islamic Elementary School. Students coming from elementary schools are experimental classes consisting of 35 students and students coming from Islamic Elementary School are control classes consisting of 35 students. Technique for taking sample is purposive sampling, namely the technique of deliberate sampling in accordance with the required sample requirements. The instrument used was a question exercise assessment in the form of multiple choice. The data analysis technique used is descriptive statistics and the used hypothesis test are t test at a degree of confidence of 0.05, obtained homogeneous data. Before doing a hypothesis test , do a peqiement test are Normality Test and Homogeneity Test. Normality test has normal distribution data with the results of the experimental class L hitung = 0.123 <L table = 0.150 and in the control class L hitung = 0.218> Ltable = 0.150. Based on the homogeneity test results with Bartlet test obtained X2 count = 1.155 <X2 table = 88.25 with a degree of confidence 0.05 then the data obtained are homogeneous. After the test the value t calculed obtained from the 0.05 confidence level is -3 while the t table value is 1.667 for the degree of freedom (dk = 68) because t arithmetic obtained is smaller than the t table value then the hypothesis (H0) is rejected and the hypothesis research (H1) was accepted. This means that there is an influence of educational background on learning outcomes of Arabaic Language at State Islamic Junior High School students of 24 East Jakarta. This research shows that there is influence on students who come from Islamic Elementary School in their Arabic learning outcomes compared to students who come from elementary school. Because they are easier to understand Arabic subject matter. For this reason, the teacher should choose a method that is suitable for the subject matter so that students from elementary school can understand Arabic lessons easily.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mohamad Sarip, M.A 2). Dr. Muhammad Kamal, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 4496 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2020 14:21
Last Modified: 01 Sep 2020 14:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9191

Actions (login required)

View Item View Item