PENGARUH BONUS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR INFRASTRUKTUR,UTILITAS DAN TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2018

DWI PRISMA ARISTIANINGRUM, . (2020) PENGARUH BONUS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR INFRASTRUKTUR,UTILITAS DAN TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2018. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bonus, leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2018. Populasi dari penelitian ini sebanyak 78 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling dengan rumus Isaac dan Michael sehingga sampel yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 48 perusahaan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Proksi yang digunakan untuk variabel bonus adalah besaran bonus yang disederhakan dalam jutaan rupiah, sedangkan proksi untuk variabel leverage adalah debt to total aset ratio, serta proksi untuk variabel ukuran perusahaan adalah logaritma total aset. Teknik pengujian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan hasil Y = (0,073) + 5,473 X1 + 0,057 X2 + (0,001) X3 dan uji hipotesis terdiri dari uji t dan uji f. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara bonus terhadap manajemen laba yang ditunjukan dengan nilai thitung < ttabel yaitu 0,326 < 2,01537. (2) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara leverage terhadap manajemen laba yang ditunjukan dengan nilai thitung < ttabel yaitu 0,862 < 2,01537. (3) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara ukuran perusahaan terhadap manajemen laba yang ditunjukan dengan nilai thitung < ttabel yaitu (0,123) < 2,01537. (4) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara bonus, leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba yang ditunjukan dengan nilai Fhitung < Ftabel yaitu 0,287 < 2,82. Penelitian dengan variabel bonus, leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba ini diharapkan bisa menjadi bahan informasi dan referensi bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian dengan variabel yang terkait. Kata Kunci : Bonus, Leverage, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba This study aims to determine the impact of bonus, leverage and firm size on earnings management in company infrastructure, utility and transportation sectors that have been listed on Indonesia Stock Exchange 2017-2018. The population of this study was 78 companies. The sampling technique used Random Sampling with Isaac and Michael formula as many as 48 companies. The proxy used to bonus is the amount of bonus compensation provided by companies is simplified in millions of rupiah, proxy used to leverage is debt to total assets ratio, and proxy used to firm size is logaritma total assets. The testing technique used is multiple linear regression, the result Y = (0,073) + 5,473 X1 + 0,057 X2 + (0,001) X3 and hypothesis testing consisting of t test and f test. The results of this study are: (1) There is no significant influence between bonus on earnings management decisions as indicated by tcount < ttable which is 0,326 < 2,01537. (2) There is no significant influence between leverage on earnings management decisions as indicated by tcount < ttable which is 0,862 < 2,01537. (3) There is no significant influence between firm size on earnings management decisions as indicated by tcount < ttable which is (0,123) < 2,01537. (4) There is no significant influence between bonus, leverage and firm size on earnings management decisions as indicated by Fcount < Ftable which is 0,287 < 2,82. This research with variables of bonus, leverage and firm size on earnings management is expected to be able become material information and references for students who will conduct research with related variables. Keyword : Bonus, Leverage, Firm Size, Earnings Management

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra.Sri Zulaihati, M.Si ; 2). Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Ilmu Sosial > Keuangan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 5093 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 17:38
Last Modified: 02 Sep 2020 17:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9196

Actions (login required)

View Item View Item