HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DENGAN KEPUASAN PELANGGAN LAPTOP ACER PADA WARGA RW 010 KELURAHAN MEKARJAYA KECAMATAN SUKMAJAYA DI DEPOK

DIO MAHA MERU, . (2012) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DENGAN KEPUASAN PELANGGAN LAPTOP ACER PADA WARGA RW 010 KELURAHAN MEKARJAYA KECAMATAN SUKMAJAYA DI DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DIO.pdf

Download (49MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di RW 010 Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya Depok II Tengah, selama empat bulan terhitung sejak Maret 2012 sampai dengan Juni 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Warga RW 010. Populasi terkangkaunya adalah Warga RT 01 yang berjumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana sebanyak 55 orang. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk citra merek (Variabel X) dan kepuasan pelanggan (Variabel Y). Sebelum instrumen ini digunakan dilakukan uji validitas untuk kedua variabel. Untuk variabel X, dari 36 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 5 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 31 butir pernyataan. Untuk variabel Y, dari 39 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 4 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri 35 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas kedua variabel itu menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,907 dan hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,942. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 82,58 + 0,41X . Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan L hitung = 0,0923, sedangkan L tabel untuk n = 55 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1195. Karena L hitung < L tabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji linearitas regresi menghasilkan F hitung < F tabel yaitu 0,05 < 1,91, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi menghasilkan F hitung > F tabel , yaitu 10,65 > 4,02, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,409, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 3,26 dan ttabel =1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,409 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 16,73% yang menunjukkan bahwa 16,73% variasi kepuasan pelanggan ditentukan oleh citra merek. Kata kunci:Kepuasan Pelanggan, Citra Merek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Tjutju Fatimah, M.Si. 2.) Drs. Nurdin Hidayat, M.M., M.Si
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 31 Oct 2019 09:11
Last Modified: 31 Oct 2019 09:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item