HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGALAMAN BELAJAR BERBASIS INTERNET DENGAN HASIL BELAJAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 JAKARTA

MUTHI'AH SYAHIDAH RAHMAH, . (2020) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGALAMAN BELAJAR BERBASIS INTERNET DENGAN HASIL BELAJAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar adalah hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran karena motivasi timbul dari dalam diri sendiri maupun dari luar diri atau lingkungan. Sedangkan pengalaman belajar berbasis internet diperlukan untuk memiliki wawasan yang luas dan banyak. Untuk mendukung hasil belajar yang baik diperlukan motivasi belajar yang tinggi dan pengalaman belajar berbasis internet yang banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan (1) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar instalasi penerangan listrik, (2) hubungan pengalaman belajar berbasis internet dengan hasil belajar instalasi penerangan listrik, (3) hubungan motivasi belajar dengan pengalaman belajar berbasis internet, (4) hubungan motivasi belajar dan pengalaman belajar berbasis internet dengan hasil belajar instalasi penerangan listrik dengan populasi sebanyak 85 orang dan jumlah sampel 68 orang. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat ex-post facto yang dilakukan dengan menggunakan metode survey melalui pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Metode pengambilan data untuk variabel motivasi belajar dan pengalaman belajar berbasis internet menggunakan kuesioner model angket dengan skala Likert, sedangkan untuk variabel hasil belajar instalasi penerangan listrik menggunakan metode dokumentasi berupa nilai Ujian Akhir Semester 1. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan taraf Signifikansi 5% dapat disimpulkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar instalasi penerangan listrik dilihat dari nilai rhitung = 0,544 > rtabel = 0,239 dan nilai thitung = 5,273 > ttabel = 1,996. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengalaman belajar berbasis internet dengan hasil belajar instalasi penerangan listrik dilihat dari nilai rhitung = 0,404 > rtabel = 0,239 dan nilai thitung = 3,584 > ttabel = 1,996. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan pengalaman belajar berbasis internet dilihat dari nilai rhitung = 0,53 > rtabel = 0,239 dan nilai thitung = 5,08 > ttabel = 1,996. (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan pengalaman belajar berbasis internet dengan hasil belajar instalasi penerangan listrik dilihat dari nilai rhitung = 0,561 > rtabel = 0,239 dan nilai Fhitung = 14,931 > Ftabel = 3,14. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan pengalaman belajar berbasis internet dengan hasil belajar instalasi penerangan listrik siswa kelas XI SMK Negeri 1 Jakarta. Kata kunci: Motivasi Belajar, Pengalaman Belajar Berbasis Internet, Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik. Learning motivation is an important thing in a learning process as it arises from inside and outside of ourselves even our environment. While internet-based learning experience required for having much insight. In supporting good learning achievement needed high learning motivation and much internet-based learning experience. This study was a correlation research that aimed to find out (1) the correlation between learning motivation and learning achievement of trainer troubleshooting installation (2) the correlation between internet-based learning experience and learning achievement of trainer troubleshooting installation (3) the correlation between learning motivation and internet-based learning experience (4) the correlation between learning motivation and internet-based learning experience towards learning achievement of trainer troubleshooting installation. The populations in this study were 85 students. The sample of this study consisted of 68 students. This study applied the ex-post facto by using survey method employing co relational study. The learning motivation and internet-based learning experience variable was examined by using a likert scale questionnaire while the learning achievement of trainer troubleshooting installation by documentation method of final exam scores in first semester. Based on the hypotheses result at significance level of 5 % could be concluded (1) There was a positive and significant effect between learning motivation and learning achievement of trainer troubleshooting installation with rcount = 0,544 > rtable = 0,239 and tcount = 5,273> ttable = 1,996. (2) There was a positive and significant effect between internet-based learning experience and learning achievement of trainer troubleshooting installation with rcount = 0,404 > rtable = 0,239 and tcount = 3,584> ttable = 1,996. (3) There was a positive and significant effect between learning motivation and internet-based learning experience with rcount = 0,53 > rtable = 0,239 and tcount = 5,08> ttable = 1,996. (4) There was a positive and significant effect between learning motivation and internet-based learning experience towards learning achievement of trainer troubleshooting installation with rcount = 0,561 > rtable = 0,239 and Fcount = 14,931> Ftable = 3,14. It could be concluded that there was a positive and significant effect between learning motivation and internet-based learning experience towards learning achievement of trainer troubleshooting installation on the eleventh year students of SMK Negeri 1 Jakarta. Keywords : learning motivation, internet-based learning experience, learning achievement of trainer troubleshooting installation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Suyitno Muslim, S.Pd. 2). Mochammad Djaohar, ST., M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 5281 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 12:25
Last Modified: 31 Aug 2020 12:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9211

Actions (login required)

View Item View Item