PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP NIAT PENGGUNAAN BERKELANJUTAN DOMPET DIGITAL OVO PADA PENGGUNA DI JAKARTA

INDRIANI SETYAWATI, . (2020) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP NIAT PENGGUNAAN BERKELANJUTAN DOMPET DIGITAL OVO PADA PENGGUNA DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kepuasan pengguna terhadap niat untuk melanjutkan penggunaan kembali dompet digital OVO pada pengguna yang berdomisili di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan di DKI Jakarta, selama enam bulan terhitung sejak bulan Januari 2020 hingga Juli 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan metode yang digunakan ialah metode deskriptif dan survei. Populasi yang digunakan ialah seluruh pengguna dompet digital OVO sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik purposive sampling dan sebanyak 210 responden pengguna OVO yang berdomisili di DKI Jakarta dijadikan sebagai sampel. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 0,05 dan hasilnya menunjukkan bahwa variabel niat penggunaan berkelanjutan (Y), kepercayaan pengguna (X1), maupun kepuasan pengguna (X2) memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,200 > 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam tahap analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi menunjukkan nilai signifikansi pada Linierity variabel X1 terhadap Y maupun X2 terhadap Y yaitu sebesar 0,000 < 0,05 (bersifat linier), maka dapat disimpulkan bahwa baik variabel X1 maupun X2 memiliki hubungan yang bersifat linier terhadap variabel Y. Persamaan regresi yang dihasilkan ialah Ŷ = 2,701 + 0,257 X1 + 0,411 X2. Pengujian hipotesis dilakukan secara parsial menggunakan uji t, hasilnya menunjukkan bahwa kepercayaan pengguna (X1) memiliki nilai thitung sebesar 7,334 > ttabel yaitu sebesar 1,971 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sedangkan kepuasan pengguna (X2) memiliki nilai thitung sebesar 7,087 > ttabel yaitu sebesar 1,971 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka kedua variabel bebas tersebut memilki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat penggunaan berkelanjutan. Nilai koefisien korelasi antara variabel kepercayaan pengguna (X1) dengan niat penggunaan berkelanjutan (Y) sebesar 0,481 sedangkan variabel kepuasan pengguna (X2) dengan niat penggunaan berkelanjutan (Y) sebesar 0,470 dan tingkat signifikansi kedua variabel bebas sebesar 0,000 < 0,05, artinya baik variabel X1 maupun X2 memiliki korelasi yang signifikan terhadap variabel Y. Variabel kepercayaan pengguna (X1) mampu menerangkan variabel niat penggunaan berkelanjutan (Y) sebesar 23,2% dan variabel kepuasan pengguna (X2) mampu menerangkan variabel niat penggunaan berkelanjutan (Y) sebesar 22,1 % sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Kata kunci: Niat Penggunaan Berkelanjutan, Kepercayaan, Kepuasan This research aims to examine the influence of trust and satisfaction toward continuance usage intention to use the OVO digital wallet for the user’s reside in DKI Jakarta. This research was conducted in DKI Jakarta, for six months from January 2020 to July 2020. This research uses a quantitative approach while the methods used are descriptive methods and surveys. The population used are all users of the OVO digital wallet while the sampling techniques used are purposive and as many as 210 respondents of OVO users reside in DKI Jakarta are used as samples. Test requirements analysis using the normality test Kolmogorov-Smirnov with a significance level (α) = 0,05 and the result indicates that the continuance usage intention (Y), trust (X1), and satisfaction (X2) variables have significant levels of 0,200 > 0,05. Thus, it can be concluded that these three variables are distribution normal and can be used in subsequent stages of analysis. The regression linearity test shows the significant value in the linearities of the X1 variable against Y or X2 against Y which is 0,000 < 0,05 (linear), it can be concluded that both the X1 and X2 variables have a linear relationship to the Y variable. The resulting regression equation is Ŷ = 2,701 + 0,257 X1 + 0,411 X2. Hypothesis testing was performed partially using t-test, the results showed that the trust (X1) has a value of tcount 7,334 > ttable this namely 1,971 and the significance value of 0,000 < 0,05 while the satisfaction (X2) has a value of tcount 7,087 > ttable this namely 1,971 and significance value of 0,000 < 0,05, then the two variables have a positive and significant influence on the continuance usage intention. The value of the correlation coefficient between trust variables (X1) with continuance usage intention (Y) of 0.481 whereas satisfaction variables (X2) with continuance usage intention (Y) of 0,470 and the second significance level of the free variable is 0,000 < 0,05, it means both X1 and X2 variables have a significant correlation to the variable Y. The trust variable (X1) can explain the continuance usage intention (Y) variable by 23.2% and the satisfaction (X2) can explain the continuance usage intention (Y) variable by 22.1% while the remainder is described by another variable outside of this study. Keywords: Continuance Usage Intention, Trust, Satisfaction

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dientje Griandini, M.Pd. ; 2). Rahmi, S.E., M.S.M
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 4438 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:06
Last Modified: 03 Sep 2020 13:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9241

Actions (login required)

View Item View Item