IRBAH FAUHAN, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KATA TANYA PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (214kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kata tanya termasuk aspek kebahasaan karena kata tanya banyak digunakan dalam komunikasi. Maka peserta didik hambatan pendengaran perlu memahami kata tanya dalam sebuah kalimat supaya bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan mengerti apa yang ditanyakan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media komik bagi peserta didik hambatan pendengaran yang dapat meminimalisir kesukaran pada kata tanya dalam kemampuan bahasa indonesia. Penelitian ini dilakukan pada kelas delapan dengan delapan orang peserta didik, dimana satu orang bisa menjawab pertanyaan dan yang lain belum bisa namun masih dibimbing oleh guru. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan observasi dan pengembangan media komik untuk pembelajaran bahasa Indonesia yang diteliti menggunakan model ADDIE. Ada lima langkah model ADDIE yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada bagian implementasi dan evaluasi, peneliti tidak melakukan uji coba pada peserta didik hambatan pendengaran di lapangan karena kondisi sedang pandemi COVID-19 maka implementasi dan evaluasi ini dilakukan dengan validasi oleh tiga ahli saja. Hasil rekapitulasi seluruh data validasi tiga ahli tersebut berjumlah 162 skor, dengan persentase pada media komik dalam kategori penilaian adalah 92,04%. Nilai tersebut pada kualitas media komik dinyatakan sangat baik, namun media tersebut masih perlu diujicobakan kepada peserta didik hambatan pendengaran di lapangan, untuk mengambil sampel peserta didik tersebut dengan media komik yang disesuaikan karakteristik agar kualitas media lebih optimal. Kata kunci: Kata tanya, peserta didik hambatan pendengaran, media komik. Question is part of the language aspect because it is widely used in communication. Hence, deaf students need to understand the question word in a sentence in order to answer the question well and understand what is being asked. The purpose of this study is to develop comic media for deaf students that can minimize difficulties in question words in Indonesian language. This study use eight students from eighth grade, which in this case only one person is able to answer the questions, while the other are unable and need guideline from the teacher. Data collection was carried out using observation and the development of comic media in Indonesian is using the ADDIE model. There are five steps in ADDIE model, such as Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. On implementation and evaluation, researcher did not test the participants because of COVID-19 situation, so the implementation and evaluation only validated by three experts.The validation results from three experts scored 162 and comic media percentage in the assessment category is 92.04%. The results for comic media is very good, but it still need to be tested to deaf students, to take samples of these students with comic media that are adjusted to the characteristics to achieve an optimal media quality. Keywords: Question words, deaf students, comic media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Dr. Murni Winarsih, M.Pd 2.) M. Arif Taboer, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 5442 not found. |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 15:47 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 15:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9265 |
Actions (login required)
View Item |