ANDI EVI RISNIYANI, . (2020) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS BERBASIS INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALSI MOTOR LISTRIK KELAS XI TITL SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
7.DAFTAR ISI.pdf Download (437kB) |
|
Text
8.BAB I.pdf Download (238kB) |
|
Text
9.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text
10.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text
11.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text
12.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
Text
14.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
15.RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
Abstract
Andi Evi Risniyani, PENGARUH PEMBERIAN TUGAS INDIVIDU BERBASIS INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA SISWA KELAS XI TITL SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA TIMUR. Dosen Pembimbing : Dr. Soeprijanto, M.Pd. dan Drs. Purwanto Gendroyono, M.T. Internet merupakan jaringan komputer yang saling terhubung diseluruh dunia. Internet ini memberikan kemudahan bagi siswa untuk menambah wawasan yang lebih luas dan pemahaman materi yang diajarkan oleh guru menjadi lebih mendalam. Internet juga memberikan kemudahan bagi guru yaitu, guru bisa mendapatkan bahan ajar yang lebih variatif. Instalasi motor listrik pada hakekatnya didesain atau perancangan instalasi motor listrik terletak pada ketepatan menganalisa spesifikasi yang direkomendasi oleh otoritas yang bersangkutan. Internet dizaman milenial ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan sumber belajar bagi siswa agar siswa memiliki wawasan yang luas terhadap materi-materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas individu berbasis internet terhadap hasil belajar teknik instalasi motor listrik pada siswa kelas XI TITL SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2020 sampai dengan Maret 2020. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah cluster sampling dengan 54 siswa sebagai sampel. Kelompok Eksperimen menggunakan internet sebagai sumber belajar dalam mengerjakan tugas individu sedangkan pada Kelas Kontrol menggunakan buku serta catatan dari guru sebagai sumber belajar dalam mengerjakan tugas individu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk mengukur hasil belajar instalasi motor listrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruhdan perbedaan hasil belajar yang signifikan pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% ( 4,13 > 1,671). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian tugas individu berbasis internet memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar instalasi motor listrik siswa kelas XI TITL. Kata kunci. Tugas Individu, Internet, Hasil Belajar, Instalasi Motor Listrik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr Soeprijanto., M.Pd 2. Purwanto Gendroyono , M.T |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 5274 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 12:23 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 12:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9280 |
Actions (login required)
View Item |