MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) PADA SISWA DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN KELAS IV DI SLB NEGERI PANGERAN CAKRABUANA CIREBON

TIANA PUTRI, . (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) PADA SISWA DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN KELAS IV DI SLB NEGERI PANGERAN CAKRABUANA CIREBON. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa hambatan pendengaran melalui penerapan Metode Maternal Reflektif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes kemampuan awal yang dilakukan pada siswa hambatan pendengaran kelas IV di SLBN Pangeran Cakrabuana, dapat dilihat bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa masih perlu ditingkatkan. Metode Maternal Reflektif bertitik tolak pada minat dan kebutuhan siswa, menyajikan bahasa yang sederhana baik secara ekspresif maupun reseptif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode dalam pengumpulan data berupa observasi, tes kemampuan membaca pemahaman, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Maternal Reflektif (MMR) dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa hambatan pendengaran. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil tes kemampuan membaca pemahaman pada setiap siklusnya. Pada siklus II, siswa YS mendapat nilai 100, siswa FR pada siklus II mendapat nilai 100, siswa FZ mendapatkan nilai 90 pada siklus II, dan siswa SL pada siklus II mendapatkan nilai 80. Hasil pada siklus II menunjukkan bahwa masing-masing siswa telah meningkat dan memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebesar 70. Siswa juga menjadi lebih aktif dalam bercakap, belajar memahami pertanyaan baik secara lisan maupun tulisan dengan baik dan memahami jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Metode Maternal Reflektif merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa hambatan pendengaran. This research goals to improve reading comprehension for students with hearing impairments through the application of Maternal Reflective Methods in learning activity. Based on the results of observations and initial tests on students with hearing impairment in grade 4 SLBN Pangeran Cakrabuana, it can be seen that students reading comprehension skills still need to be improved. The Maternal Reflective Methode is based on the interests and needs of students, presenting simple language both expressively and receptively. The method of the study was action research. Participant of the study was one male and three female of hearing impairment students. The research was held in two cycles. Each cycle consisting of 4 stages: planning, implementation, observation, and reflection. The methods used for collecting data are observation, reading comprehension test, and documentation. The results showed that the application of the Maternal Reflective Method in learning activity could improve reading comprehension for student with hearing impairments. This can be seen from the improvement in the reading comprehension test results in each cycle. In second cycle, subject YS scored 100, subject FR got 100, subject FZ got 90, and subject SL got 80. The results in second cycle showed that each student capacity had increased and meet the minimum completeness criteria of 70. Students also become more active in speaking, learn to understand questions both orally and in writing well and understand the answers to the question asked. The Maternal Reflective Method is the right method to improve reading comprehension for student with hearing impairments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd. ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 5405 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 11:18
Last Modified: 31 Aug 2020 11:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9281

Actions (login required)

View Item View Item