ALI MAULANA HAKIM, . (2020) HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL, LOCUS OF CONTROL, DAN KEPRIBADIAN (BIG-FIVE PERSONALITY) DENGAN PERILAKU BIJAK (CITIZENSHIP BEHAVIOR) TERHADAP LINGKUNGAN STUDI KORELASIONAL TERHADAP SISWA SMAN 80 JAKARTA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (936kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi tentang hubungan antara kepemimpinan instruksional, locus of control, dan kepribadian (big-five personality) dengan perilaku bijak terhadap lingkungan pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional dengan melibatkan sampel sebanyak 103 siswa di SMA N 80 DKI Jakarta. Terdapat empat instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu: (1) Perilaku bijak terhadap lingkungan (r = 0.938); (2) Kepemimpinan instruksional (r=0,981); (3) Locus of control (r =0,909); dan (4) Kepribadian (r = 0,939). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan instruksional dengan perilaku bijak terhadap lingkungan; 2) terdapat hubungan positif antara locus of control dengan perilaku bijak terhadap lingkungan; 3) terdapat hubungan positif antara kepribadian dengan perilaku bijak terhadap lingkungan; dan 4) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan instruksional, locus of control, dan kepribadian dengan perilaku bijak terhadap lingkungan secara bersama-sama. Berdasarkan hasil penelitian tersebut didapatkan temuan berupa makin transformasional kepemimpinan instruksional, makin positif perilaku bijak terhadap lingkungan, Makin internal locus of control, makin positif perilaku bijak terhadap lingkungan, makin akurat kepribadian, makin positif perilaku bijak terhadap lingkungan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa jika ingin meningkatkan perilaku bijak terhadap lingkungan siswa, maka ketiga variabel tersebut perlu diperhatikan. Kata kunci: perilaku bijak terhadap lingkungan, kepemimpinan instruksional, locus of control, kepribadian This research was aimed at finding out the relationship between instructional leadership, locus of control, and personality, with citizenship behavior (CB). In order meet with this objective, a survey method has been applied by involving 103 students as sample. There are four instruments, measuring citizenship behavior; (2) Instructional leadership; (3) Locus of control; and (4) Personality. Regression and correlational analysis used to verify it relationship. Research result reveal that there is positive and significant correlation between instructional leadership and citizenship behavior, locus of control and citizenship behavior, personality and citizenship behavior, and finally between instructional leadership, locus of control, and personality with citizenship behavior. It could be concluded that in improving citizenship behavior, instructional leadership, locus of control, and personality can not be neglected. Keywords: citizenship behavior, instructional leadership, locus of control, and personality
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. Dr. I Made Putrawan 2. Prof. Dr. Yufiarti,. M.Psi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Lingkungan |
Depositing User: | Users 4969 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 12:33 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 12:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9291 |
Actions (login required)
View Item |