PENGEMBANGAN FONEM SUPRASEGMENTAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS TK 3 (STUDI DESKRIPTIF DI SLB B PANGUDI LUHUR)

ELSYIFA IRMA SURYANI, . (2020) PENGEMBANGAN FONEM SUPRASEGMENTAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS TK 3 (STUDI DESKRIPTIF DI SLB B PANGUDI LUHUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang mendalam mengenai pengembangan fonem suprasegmental dalam pembelajaran bahasa pada siswa tunarungu kelas TK 3 di SLB B Pangudi Lahur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu teknik wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan fonem suprasegmental dalam pembelajaran bahasa menerapkan dua bentuk aktivitas pengembangan dengan proses dan penerapan yang berbeda di setiap bentuk aktivitasnya, sehingga terdapat faktor yang mempengaruhi pengembangan fonem suprasegmental dalam pembelajaran bahasa. This research aims to obtain in-depth information on the development of suprasegmental phonemes in language learning in the Deaf students of kindergarten Class 3 in SLB B Pangudi Lahur. The study uses a qualitative approach with a descriptive method. The data collection techniques in this study used two techniques: interview techniques and documentation studies. The results showed that the development of suprasegmental phonemes in language learning implemented two forms of development activity with different processes and applications in each form of its activities, so that there are factors affecting the development of suprasegmental phonemes in language learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Totok Bintoro, M.Pd. ; 2). Leliana Lianty, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 5439 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 11:36
Last Modified: 31 Aug 2020 11:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9298

Actions (login required)

View Item View Item